Contoh dan Rukun Qiyas Dalam Pembahasan Ushul Fiqih

Ada 2 Contoh dan Rukun Qiyas Dalam Pembahasan Ilmu Ushul Fiqih


Menurut bahasa Qiyas berarti menyamakan, membandingkan dan mengukur. Sedangkan Menurut Istilah Ulama Ushul fiqh, Qiyas adalah Mempersamakan suatu hukum yang tidak ada nash hukumnya dengan suatu kasus yang ada hukumnya. Dalam hukum yang ada Nashnya, karena persamaan itu dalam lllat hukumnya.

Di antara Contoh Qiyas adalah; 
  • Setiap minuman yang memabukkan hukumnya haram; Hal ini di Qiyaskan dengan hukum khamar atau arak, yaitu haram. Persamaan kedua jenis minuman ini adalah karena kesamaan sifatnya yang memabukkan. Contoh lain;
  • Harta anak-anak wajib dikeluarkan zakatnya. Hal ini disamakan dengan harta orang dewasa, yaitu bahwa kedua jenis harta tersebut dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu juga dapat memberikan pertolongan kepada fakir miskin
Berikut ini ada beberapa Rukun Qiyas, yaitu sebagai berikut :
  • Ashl, yaitu suatu kejadian yang telah ditetapkan hukum berdasarkan nash. Ashl disebut juga maqis ‘illaih (yang menjadi ukuran), atau musyabbabih (tempat menyerupakan), atau mahmu alaih (tempat membandingkan).
  • Far’u, merupakan kejadian (peristiwa) yang belum ditetapkan hukumnya karena tidak ada nash yang dapat dijadikan sebagai dasar fara’ disebut juga maqis (yang menjadi ukuran), atau musyabbabih (tempat menyerupakan), atau mahmu alaih (tempat membandingkan), seperti pengharaman wisky dengan mengkqiyaskan dengan khamar.
  • Hukum Ashl, yaitu hukum dari asal yang telah ditetapkan berdasarkan nash dan hukum itu pula yang akan ditetapkan pada fara’ seandainya ada persamaan ‘illatnya. Seperti keharaman minuman khamar, Adapun hukum yang ditetapkan far’u pada dasarnya merupakan hasil dari qiyas dan karenanya tidak termasuk hukum.
  • 'Illat, merupakan suatu sifat yang ada pada ashl dan sifat itu yang dicari pada fara’. Seandainya sifat yang ada pada fara’ maka persamaan sifat yang menjadi dasar untuk menetapkan hukum fara’ sama dengan hukum ashl.
Referensi; Masa Perkuliahan di STEI IQRA'  ANNISA-UNIVERSITAS ABDURAB PEKAN BARU, 2015-2019.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Qiyas Dalam Pembahasan Ushul Fiqih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid