3 Metode Program Kerja yang Harus di Implementasikan

3 Metode Program Kerja yang Harus di Implementasikan Dalam Organisasi


Action Plan (Program kerja) merupakan alat bantu yang sangat penting diterapkan dalam sebuah organisasi suatu perusahaan. Action plan berisi paduan dan pembagian kerja serta timeline yang jelas.

Berikut  ini ada  beberapa Program Kerja yang perlu diimplementasikan dalam organisasi suatu peusahaan,  yaitu:
  • Adhocracy dan market; merupakan harapan semua karyawan, sehingga dapat dijadikan orientasi budaya yang dominan.
  • Standar sikap dan perilaku karyawan suatu perusahaan, hal ini menyangkut tentang bagaimana seharusnya karyawan bersikap dan berprilaku.
  • Karaktek karyawan harus dapat dibedakan  secara signifikan, baik dari ciri-ciri yang bersifat tangible seperti seragam,  logo,  corporate indentity, dan sebagainya, maupun ciri-ciri yang bersifat itangible seperti sopan santun, cara berkomunikasi, prestasi, dan sebagainya.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode OCAI, dimana budaya yang diinginkan adalah odhocracy, oleh karena itu nilai-nilai setiap individu di perusahaan  lebih cenderung mengarah kepada keinginan memiliki kompetisi, berorientasi hasil, dinanisme, kreativitas, mengejar kompetisi dan persaingan.

Serta membutuhkan pemimpin denga gaya entrepreneurship dan keberanian dalam mengambil tindakan (risiko) serta berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan dan kepuasaan kepada pelanggan dalam setiap strategi yang dilakukan.

Mengingat orientasi budaya yang diinginkan dimasa yang akan datang adalah peningkatan adhoocracy dan penurunan hierarki. maka dari itu diperlukan program suasana kerja dan sistem kerja yang memberikan kebebasan individual untuk berprestasi dengan meningkatkan kompetensi dan evaluasi kinerja berdasarkan hasil dan target  pencapaian yang kompetitif. 

Adanya keinginan yang sangat besar ini merupakan modal dasar dan potensi yang secara terus menerus dikembangkan dan disikapi sebagai suatu potensi yang sangat positif untuk bersaing.

Dengan adanya orientasi market setelah adhocracy, dan penurunan hierarki merupakan jalan bagi seorang pemimpin bahwa munculnya kesadaran untuk mengedepankan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik.

Hal ini harus dijadikan sebagai landasan dalam penyusunan  strategi dan action plan, seperti;
  • Membentuk pola pikir yang proaktif, dinamis, dan mementingkan kepuasaan pelanggan
  • Mendorong kreativitas dan inovasi dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat, 
  • Meningkatkan kemampuan manajerial baik secara konseptual maupun praktik dengan membangun semangat entrepreneurship'.
  • Adanya keinginan yang sangat besar untuk merubah orientasi.
Terima kaish telah membaca artikel tentang 3 Metode Program Kerja yang Harus di Implementasikan Dalam Organisasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid