https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

3 Cara Simpel Mengutip Pendapat Pada Buku

 3 Cara Mengutip Pendapat yang Ada Dalam Buku atau Jurnal


Bagaimana cara kita mengutip pendapat yang ada dalam buku atau sebuah jurnal.? 
Dalam mengutip pendapat, para ahli berpendapat ada 3 tipe yang bisa kita gunakan yakni diletakkan didepan kalimat, ditengah paragraf dan di akhir paragraf. 

Berikut ini akan dibahas mengenai tiga pendapat tersebut.
  • Contoh Kutipan Didepan Kalimat atau di Awal Paragraf.
    Hiriyappa (2008) mengatakan bahwa management strategi merupakan panduan atau arahan dalam mengambilan keputusan dan tindakan yang dapat membantu organisasi dalam mengembamgkan perusahaan baik untuk jangka menengah maupun untuk jangka panjang”.

  • Contoh Kutipan Ditengah Paragraf.
    "Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang competitive environment seseorang manager harus bisa berfikir secara strategis dan fokus terhadap lingkungan yang dihadapi. Michael E. Porter (1980) memberikan sebuah model untuk menganalisa lingkungan industri yang dikenal dengan Five Fore’s Porter Model yaitu yang terdiri dari ancaman pendatang baru, kekuatan tawar menawar pembeli, suplier, produk pengganti dan intensitas persaingan".

    Dalam penulisan tersebut disebutkan nama ahlinya, lalu diiringi oleh tahun diterbitkannya buku tersebut. Penulisan untuk nama ahli dan tahun pada contoh diatas dicetak tebal dan miring hanya menegaskan saja, akan tetapi untuk penulisan karya ilmiah tidak perlu ditebalkan atau dimiringkan.

  • Contoh Kutipan Diakhir Kalimat atau Akhir Paragraf.
    "Hambatan untuk masuk atau barrier to entry dapat didefinisikan sebagai keuntungan yang didapatkan oleh suatu perusahaan yang sudah terlebih dahulu untuk disebut sebagai pasar memberikan peluang bagi yang lain untuk mengikutinya dimana perusahaan yang pertama masuk memberikan reaksi dengan menaikkan harga tanpa menimbulkan rekasi dari persaingan yang ingin memasuki pasar" (Bain, 1956).
    Bagaimana kalau kita tidak menemukan langsung litaratur yang kita cari akan tetapi kita jumpai pada karya ilmiah orang lain?

    "Pemahaman mengenai customer akan mempermudah perusahaan memperoleh informasi tentang pelanggannya sehingga mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan yang menjadi sasaran dimasa mendatang" (Slater and Narver; 1998 dalam Bagas Prakoso; 2004).

    Artinya pendapat yang disampaikan oleh Slater and Narver (1998) dikutip dari karya ilmiah yang dilakukan oleh Bagas Prakoso (2004).
Dimana perbedaan akan penulisan tersebut diatas terletak pada tanda kurung, jika pada contoh kutipan diawal atau di tengah paragraf, tanda kurung hanya diberlakukan pada tahun diterbitkannya  buku, sedangkan kutipan yang pengarang dan tahunnya diletakkan diakhir paragraf, tanda kurung diberlakukan untuk keduanya (nama ahli dan tahun diterbitkannya buku).
Kita bisa menuliskannya sebagai berikut:

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Simpel Mengutip Pendapat Pada Buku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid