https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

3 Contoh Kasus Penelitian Berdasarkan Tingkat Ekplanasi

Penelitian Berdasarkan Tingkat Ekplanasi dan Contohnya


Penelitian dapat diartikan sebagai suatu cara atau metode untuk mendapatkan suatu kebenaran tentang suatu masalah yang terjadi berdasarkan fakta-fakta empiris secara sistematis, kritis dan terkontrol. Kebenaran yang diperoleh dari penelitian ini yang nantinya menjadi dasar dari sebuah sumber ilmu pengetahuan.

Ada beberapa tujuan kenapa orang melakukan penelitian, yaitu:
  1. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
  2. Untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan yang diajukan.
Untuk tujuan yang pertama, merupakan tujuan yang bersifat jangka panjang karena hasil penelitian umumnya tidak terkait secara langsung dengan pemecahan masalah-masalah praktis. 

Sedangkan untuk tujuan yang kedua lebih bersifat jangka pendek, karena hasil penelitian biasanya secara langsung terkait dengan masalah-masalah yang dihadapi sehingga hasil temuan tersebut dapat dijadikan rujukan untuk pembuatan keputusan-keputusan.
Sebelum melakukan penelitian, sebaiknya anda mengetahui dulu tahap-tahap yang harus dilalui 
sehingga hasil penelitian tersebut mendekati kebenaran yang diinginkan serta memiliki arah dan tujuan yang jelas. Salah satu tahapannya yaitu "Research methodology".

Apakah yang dimaksud dengan Penelitian berdasarkan tingkat ekplanasi.? 
Penelitian Berdasarka Tingakt Ekplanasi merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. 

Dibawah ini ada 3 contoh kasus Penelitian berdasarkan tingakt ekplanasi, yaitu:
  • Penelitian deskriptif,
    yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel bebas (independent) tanpa membuat perbandingan atau membangun hubungan dengan variabel lain.
    Contohnya: Penelitian mengenai profit guru yang profesional, Penelitian mengenai disiplin kerja pegawai negeri, penelitian mengenai kesiapan sekolah dalam melaksanakan manajemen berbasis sekolah, dan lain-lain.

  • Penelitian Komparatif;
    yaitu suatu penelitian yang bersifat membandingkan dan dilakukan untuk mengetahui nilai variabel independen dengan membuat perbandingan dengan variabel lainnya.

    Contoh: Penelitian tentang tingkat kesiapan sekoLah negeri dan sekolah swasta dalam melaksanakan manajemen berbasis sekola, Penelitian tentang adakah perbedaan kemampuan kerja antara lulusan SMK dengan lulusan SMA, penelitian tentang adakah perbedaan hasil belajar antara strategi belajar A dengan strategi belajar B, dan lain-lainnya.

  • Penelitian asosiatif (bubungan), 
    yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih.

    Contoh: Penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya kegiatan KKN di tempat tertentu, penelitian tentang pengaruh kepemimpinan terhadap disiplin kerja pegawai, dan penelitian tentang hubungan antara tingkat pendidikan dan kerukunan masyarakat di daerah tertentu, dan lain-lain.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Kasus Penelitian Berdasarkan Tingkat Ekplanasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid