https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Kelebihan dan Kelemahan Software LISREL

Gambaran Kinerja Software Lisrel  Dalam Pengolahan Data Penelitian


LISREL dikembangkan oleh Karl Joreskog and Dag Sorbom. LISREL adalah software statistik yang paling banyak dipakai dikalangan peneliti maupun praktisi. LISREL atau singkatan dari Linear Structural Relaionship merupakan Software terbaru dari generasi SPSS yang dikeluarkan oleh SSI (Scientiftc Software International). 

Khusus untuk edisi pelajar mereka merilis software LISREL 8.80 dan bisa dimabil secara gratis di website yang telah mereka sediakan di www.ssicentral.com. Dalam edisi LISREL for student atau student edition ini jumlah idikatornya dibatasi hanya sebanya maksimum 15 indikator atau variabel maniifesnya, jika lebih maka program tidak akan bisa jalan.

Dalam operasionalnya, program LISREL membutuhkan input data dan input file (perintah). Untuk menyiapkan input data, LISREL menyediakan program PRELIS dan untuk menyiapkan input file, LISREL menyediakann program SIMPLIS sebagai bahasa perintah.

Pada dasarnya selian menggunakan PRELIS, input data untuk LISREL juga dapat ditulis dengan text documen. Demikian juga untuk input file, selain melalui SIMPLIS juga dapat disiapkan melalui bahasa LISREL itu sendiri. Namun demikian, alterntif tersebut tidak dianjurkan karena relatif sulit untuk dioperasionalkan.

PRELIS adalah program suplemen dari paket program LISREL 8.80, PRELIS dapat menyimpan data mentah yang sebelumya disimpan pada berbagai macam program seperti SPSS, EXCEL, SAS, data text, dan berbagai program pengolah  angka lainnya.

Disini perlu anda ketahui bahwa LISREL hanya dapat menjalankan model dari data mentah yang disimpan dalam PRELIS atau text document. Maka  dari itu setiap data mentah yang disimpan pada program yang lain harus disimpan terlebih dahulu kedalam PRELIS. 

Selain untuk menyimpan data, PRELIS juga dapat digunakan untuk melakukan manipulasi data dan manajemen data serta memberikan deskripsi awal dari kata.
  • Salah satu Kelebihan yang dimiliki oleh software LISREL adalah: Kemampuannya mengidentifikasi hubungan antara variabel yang kompleks.
  • Sedangkan kelemahan LISREL itu sendiri ialah "Ketidakmampuannya mengolah data SEM (Structural Equation Modelling) dengan jumlah sampel yang sedikit. Ketika kita mempunyai sampel kurang dari 200, sementara modelnya kompleks, maka terkadang hasil estimasi tidak sesuai dengan harapan sesuai yang diinginkan.
Terima kaish telah membaca artikel tentang Gambaran Kinerja Software Lisrel  Dalam Pengolahan Data Penelitian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid