https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Contoh Gambaran Umum Tentang Masalah Etika Bisnis

Contoh Gambaran Umum Tentang Masalah Etika Bisnis Pada Perusahaan


Sebelum masuk kepada contoh Kasus Etika bisnis, alangkah baiknya kita membahas sedikit tentang  apa yang di maksud dengan etika tersebut.? 

Etika adalah perbuatan standar yang memimpin individu dalam keputusan. Selain itu Etika juga merupakan suatu studi mengenai yang benar dan yang salah serta pilihan moral yang dilakukan sesorang.

Sedangkan Bisnis adalah suatu organisasi yang terlibat dalam pertukaran barang, jasa, atau uang untuk menghasilkan keuntungan. Perlu kita ketahui Konsep bisnis yaitu, "Memproduksi barang dan atau jasa degan mempekerjakan tenaga kerja, menciptakan inovasi, memanfaatkan peluang dan iklim bisnis yg sehat serta berkontribusi langsung pada mutu kehidupan. Itulah konsep bisnis yang sebenarnya.

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil sebuah pemahaman, bahwa Etika Bisnis adalah;
  • Etika bisnis merupakan metode atau langkah untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup semua aspek yang berkaitan dengan perusahaan, individu, dan juga masyarakat.

    Dalam sebuah perusahaan Etika bisnis itu membentuk tentang nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam menciptakan hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan atau mitra kerja.
Etika bisnis sangatlah penting diterapkan salam sebuah perusahaan, dengan tujuan agar menjadikan perusahaan tersebut mempunyai nila-nilai luhur yang mesti di taati untuk meningkatkan kinerja dan menggapai visi-misi perusahaan.

Dibawah ini ada 2 Contoh kasus Etika Bisnis yang umum terjadi:
  1. "Sebuah perusahaan PJTKI di jogjakarta membuat rekrutmen untuk tenaga kerja baby sitter. Dalam pengumuman dan perjanjiannya dinyatakan bahwa perusahaan berjanji akan mengirimkan calon TKI setelah 2 bulan mengikuti training, dan dijanjikan akan dikirim ke negara-negara tujuan, bahka perusahaan tersebut menjanjikan bahwa segala biaya yang dikeluarkan pelamar akan dikembalikan jika mereka tidak jadi berangkat ke negara tujuan.

  2. Shinta yang tertarik dengan tawaran tersebut langsung mendaftar dan mengeluarkan biaya sebanyak 7 juta untuk ongkos administrasi dan pengurusan visa dan paspor. Namun setelah 2 bulan training, Shinta tak kunjung diberangkatkan, bahkan hingga 1 tahun tidak ada kejelasan.

    Ketika dikonfirmasi, perusahaan PJTKI itu selalu berkilah ada penundaan, dan begitu seterusnya. Dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan PJTKI tersebut telah melanggar kasus etika bisnis yang telah mengabaikan hak-hak Shinta sebagai calon TKI yang seharusnya diberangkatkan ke negara tujuan untuk bekerja".
Berikut ini ada beberapa Perilaku Etis Dalam Bisnis, yaitu:
  1. Etika bisnis memberikan pedoman bagaimana cara seseorang seharusnya bertindak dalam struktur bisnis tertentu, serta bagaimana bisnis itu memajukan moralitas dan menghadiri tindakan amoral.
  2. Tidak memanfaatkan atau mengambil kekayaan perusahaan untuk kepentingan pribadi
  3. Tidak membenarkan adanya hubungan love affair atau perselingkuhan dengan sejawat, atasan, atau bawahan.
  4. Benar-benar memenuhi jaminan yang disampaikan/dijanjikan
  5. Mematuhi kontrak atau akad
  6. Jangan memotong hak karyawan.
  7. Jangan menjual barang yang rusak.
  8. Tidak melakukan kebohongan atas produk, jasa dan kualitasnya
  9. Perusahaan baik operasi maupun alat-alatnya tidak membahayakan nyawa pegawai atau masyarakat.
  10. Melakukan pemasanga iklan yang benar
Sebuah perusahaan, yakin betul bahwasanya bisnis yang baik dan sukses ini dapat menjadi sebuah pedoman karyawan untuk menjalankan pekerjaannya secara profesional, tanggung jawab, jujur, dan lain-lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Gambaran Umum Tentang Masalah Etika Bisnis Pada Perusahaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid