https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

4 Konsep Menerapkan Sistem Manajemen Qalbu

4 Konsep Menerapkan Sistem Manajemen Qalbu


Qalbu (hati) sangat perlu di kelola atau di 'maneg', sebab qalbu memiliki 2 potensi seperti yang telah tercantum dalam Firman Allah swt QS-Asy Syams ayat 7-10. "Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya". 

Konsep dalam memanej qalbu Adalah; 
  • Memahami diri dengan sebenar-benarnya untuk kemudian mampu megendalikannya melalui hati. jadi hatilah yang akan menunjukkan watak dan perilaku seseorang, apabila terdapat didalam hati yang bersih maka baiklah sikap dan perilakunya dan begitupula sebaliknya. Hati yang bersih adalah hati yang senantiasa membuat pikiran bekerja efekif lantaran hanya kebaikanlah yang dipikirkannya.
Manajemen qalbu dapat dilakukan dengan cara:
  1. Pengenalan diri; Pengenalan diri dapat dilakukan dengan metode inner journey (perjalanan ke dalam diri). Ciri para pemimpin sukses adalah mereka sangat sadar untuk mempelajari  diri mereka sendiri. 
  2. Pembersihan hati; Pembersihan hati dapat dilakukan dengan menghindari nilai keburukan di dalam hati seperti; marah, iri, takut dll dan mengeluarkan nilai kebaikan seperti; ikhlas, jujur, bijaksana, perhatian dll.
  3. Pengendalian diri; Pengendalian diri dapat dilakukan dengan puasa. Tujuan dari puasa adalah menahan diri dari dari belenggu ego duniawi yang tidak terkendali, menegndalikan diri agar tidak keluar dari norma-norma, dan menendalikan nafsu batiniah  yang tidak seimbang. Dengan berpuasa maka akan melatih hati dan membuat hati peka serta mampu mengendalikan emosi. Selain itu dengan puasa dapat melatih kesabaran dan keikhlas.

  4. Pengembangan diri; Pengembangan diri bertujuan untuk meningkatkan potensi diri dan  kualitas kepribadian seseorang  melalui kegiatan-kegiatan yang disukai dan bermanfaat. Kegiatan-kegiatan untuk mengmbangkan potensi diri misalnya membaca, menulis,  meneliti,  olah raga dll. Secara umum pengembangan diri terbagi atas tiga, yaitu: pengembangan diri secara personal, social.
Salah satu Manfaaat Manajemen qalbu ialah; Memiliki visi dan misi dalam hidup dan dalam bekerja, dengan memanagement hati Manusia dapat mengenal potensi (nilai-nilai) positif dan negatif dalam dirinya, sehingga nilai-nilai positif atau kebaikan dalam dirinya terus dikembangkan sedangkan potensi negatif dapat dikendalikan atau dihindarkan. Dengan mengenal diri kita maka akan mendekatkan kita pada Sang Pencipta.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 4 Konsep Menerapkan Sistem Manajemen Qalbu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid