https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Gambaran Riba Fadhal dan Hikmah Meninggalkannya

Gambaran Riba Fadhal dan Hikmah Meninggalkannya


Apakah yang di maksud dengan riba fadhal.? Riba fadhal; Adalah kelebihan pada salah satu dari dua komoditi yang ditukar dalam penjualan komoditi riba fadhal. Kalau emas dijual atau ditukar dengan emas, maka harus sama beratnya dan harus diserahterimakan secara langsung.

Demikian juga dengan segala kelebihan yang disertakan dalam jual beli komoditi riba fadhal. Hal yang demikianlah yang harus kita kenali di dalam kehidupan sehari-hari. 

Perlu kita garis bawahi bahwa Hikmah diharamkannya riba fadhal memang tidak banyak diketahui oleh orang banyak, karena secara zhahir jual beli ini tidak mengandung manipulasi. Karena satu hal yang logis bahwa yang jelek tidak sama dengan yang bagus dan yang baik tidak sama dengan yang buruk.

Misalnya; dua shaa' kurma bagus dibeli dengan empat shaa' kurma jelek, secara logika tidak ada hal yang salah dari hal tersebut. Lalu dimana letak hikmah dari pengharaman tersebut?.

Alangkah baiknya, sebelum kita berusaha mencari hikmah tersebut melalui berbagai tulisan baik itu didapatkan dari tulisan para ulama dalam persoalan ini, tidak lupa kita menyebutkan dasar fundamental yang bersifat permanen, yang tidak boleh kita lupakan dalam persoalan yang sudah rumit ini, yakni bahwa seorang muslim harus mengikuti perintah Allah swt, baik ia sudah mengetahui hikmah perintah itu maupun belum.

Cukup bagi dirinya mengetahui bahwa perintah ini memang berasal dari Allah yang maha Bijaksana lahi maha mengetahui, yang rahmat dan ilmunya meliputi segala sesuatu, yang segala firmannya pasti benar dan penuh keadilan. 

Allah berfirman dalam Al-qur'an surah An-Nisa': 65. ''Maka dari Rabbmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya".

Setelah penjelasan diatas, baru kita tegaskan kembali, penjelasan hikmah yang paling jelas tentang keharaman riba fadhal ini adalah sebagai upaya menutup jalan menuju perbuatan haram. Karen riba fadhal ini sering kali menggiring kepada riba nasi'ah. Bahkan juga bisa menumbuhkan bibit-bibit berkembangnya budaya riba di tengah masyarakat.

Mengapa hal ini bisa terjadi, alasannya Karena orang yang menjual sesuatu  barang dengan sesuatu yang sejenis (sama) secara langsung dengan kelebihan pada salah satu yang ditukar, akan mendorongnya untuk suatu saat menjualnya dengan pembayaran tertunda, bersama bunganya. 

Itulah yang disyaratkan dalam sabda nabi: "Janganlah engkau menjual emas dengan emas, perak dengan perak, kecuali bila sama ukuran/ beratnya. jangan kalian pisahkan salah satu diantaranya, dan janganlah kalian menjual yang belum ada dengan yang sudah ada. Karena aku khawatir kalian melakukan ramaa (riba).

Terima kasih telah membaca artikel tentang Gambaran Riba Fadhal dan Hikmah Meninggalkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid