https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

5 Persyaratan Dasar Menjadi Seorang Peneliti

5 Persyaratan Dasar Menjadi Seorang Peneliti


Apakah yang dimaksud dengan ‘Penelitian’..? Penelitian merupakan sebuah metode/ cara untuk mendapatkan sebuah kebenaran tentang suatu masalah atau fenomena yang benar-benar terjadi. 

Ada beberapa tujuan kenapa orang melakukan penelitian, diantaranya adalah;
  1. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
  2. Untuk memecahkan masalah atau  menjawab pertanyaan yang diajukan
  3. Adanya rasa ingin tahu terhadap suatu hal
  4. Ingin meningkatkan kualitas diri dan kualitas perguruan tinggi dalam rangka menin gkatkan kemajuan bangsa.
Setelah kita memahai tujuan dari penelitian tersebut, alangkah baiknya kita membahas mengenai persyaratan menjadi seorang peneliti. Diantaranya persyaratannya adalah;
  • Kompeten dibidangnya; Maksudnya orang yang melakukan penelitian tersebut benar-benar paham apa yang dikerjakannya.
  • Objektif; Seorang peneliti harus mempertimbangkan objektifitas dalam penelitian. sebab, kalau terjadi ketidakobjektifan dalam melakukan penelitian dapat mengakibatkan hasil penelitian tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

  • Jujur; Sikap kejujuran merupakan suatu yang mutlak yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, karena ketidakjujuran dalam hal apapun bisa menghilangkan kepercayaan terhadap hasil penelitian.
  • Faktual; Maksudnya penelitian yang dilakukan benar-benar menceritakan kondisi yang ada saat ini sehingga hasilnya bisa dijadikan sebuah rujukan didalam pengambil keputusan. 
  • Independen; Penelitian yang independen akan memberikan keleluasaan bagi peneliti di dalam melakukan penelitian, guna untuk menghasilkan atau benar-benar mencerminkan fakta-fakta yang sebenarnya.
Penelitian berdasarkan sifat dapat dibedakan menjadi 3 hal, yaitu:
  1. Penelitian Akademik; Merupakan penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa baik untuk S1, S2, maupun S3 dimana penelitian ini berguna bagi mahasiswa salah satunya yaitu ‘sebagai sarana edukasi bagi mahasiswa’.
  2. Penelitian Profesional; Merupakan penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan baru yang berkenan dengan ilmu, teknologi, dan seni.
  3. Penelitian Insitusional; Merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang bisa digunakan untuk mengembangkan kelembagaan.
Sebelum melakukan penelitian, sebaiknya anda mengetahui dulu tahap-tahap yang harus dilalui sehingga hasil penelitian tersebut mendekati kebenaran yang diinginkan serta memiliki arah dan tujuan yang jelas. Salah satu tahapannya yaitu "Research methodology".

Sebelum melakukan penelitian, anda harus menentukan masalah-masalah atau fenomena-fenomena yang terjadi pada saat ini. fenomena yang dimaksud yaitu "Suatu keadaan yang kita lihat dan kita rasakan berdasarkan fakta-fakta yang kita dapat/ temukan dilapangan. Selain dari fenomena yang kita jumpai di masyarakat, permasalahan penelitian juga bisa kita dapatkan dari "Research Gap". 

Research Gap merupakan sebuah gamparan mengenai kesenjangan-kesenjangan atau masalah-masalah yang terjadi pada beberapa penelitian sebelumnya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 5 Persyaratan Dasar Menjadi Seorang Peneliti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid