https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Gambaran Mengenai Teknik Pengumpulan Data Observasi

Gambaran Mengenai Teknik Pengumpulan Data Observasi


Ada beberapa cara atau teknik yang bisa kita lakukan dalam mengumpulkan data penelitian, diantaranya yaitu: Teknik pengumpulan data Kuisioner, Wawancara, In-depth Interview, dan Obsevasi. Pada postingan ini kita akan membahas tentang Teknik pengumpulan data Observasi. 

-Teknik Pengumpulan Data Observasi; 
Teknik Pengumpulan Data Observasi merupakan kegiatan dimana seseorang melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian tanpa melakukan wawancara. 

Observasi ini kita lakukan karena kita ingin mendapatkan informasi dari seseorang atau terhadap objek tertentu akan tetapi mereka tidak bersedia memberikan informasi kepada kita, maka kita lakukanlah teknik pengumpulan data secara observasi.
 
Misalnya, kita ingin mengetahui standar pelayanan disuatu restauran pesaing kita, maka kita bisa mengirimkan observer kita untuk mengetahui standar pelayanan disana, informasi yang ingin didapat mulai dari harga, porsi makanan, kecepatan, keramahan, penanganan komplain dan sebagainya.

Berikut in ada beberapa tipe observasi yang biasanya digunakan, yaitu:
  • Observasi Natulistik; yaitu observasi mengobservasi orang atau objek dalam setingan yang natural (tidak ada rekayasa).
  • Observasi Laboratory; yaitu mengobservasi objek yang sudah di rancang sedemikian rupa dan bisa dikontrol, misalnya observasi penelitian yang menggunakan laboratorium.
  • Observasi kuantitatif; yaitu observasi yang menggunakan cecklist observasi.
  • Observasi kualitatif; yaitu yang bersifat ekploratory dan open ended yaitu observasi yang direkam dalam flednotes.
Dari penjelasan diatas, dapat kita beri kesimpulan bahwa Obserbasi juga merupakan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan indera (mendengarkan, mencium, mengecap, meraba), jadi tidak hanya pengamatan dengan menggunakan mata saja, oleh karena itu perlunya melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Gambaran Mengenai Teknik Pengumpulan Data Observasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid