https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

5 Langkah Dalam Pengumpulan Data In Depth Interview Pada Penelitian

5 Langkah Dalam Pengumpulan Data In Depth Interview Pada Penelitian


Ada beberapa cara atau teknik yang bisa kita lakukan dalam mengumpulkan data penelitian, diantaranya yaitu: Teknik pengumpulan data Kuisioner, Wawancara, In-depth Interview, dan Obsevasi. Pada postingan ini kita akan membahas tentang Teknik pengumpulan data In-Depth Interview.  Apakah yang dimaksud dengan Teknik pengumpulan data In-Depth Interview...?

Teknik Pengumpulan Data In-Depth Interview; merupakan suatu metode wawancara mendalam dalam rangka untuk mengeksplorasi point tambahan dan jika memungkinkan atau diperlukan untuk merubah arah. 

In-Depth Interview dilakukan dengan jumlah responden yang kecil untuk mengeksplorasi gagasan, ide, program ataupun situasi sehingga diharapkan In-depth interview memberikan hasil yang detail mengenai topik yang menjadi penelitian karena kita bisa mendeskripsikan data kita tentang tingkah laku, sikap dan persepsi seseorang. 
In-Depth Interview ini dilakukan dengan tatap muka langsung antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai. Selain menggunakan tatap muka langsung, In-Depth Interview juga bisa dilakukan dengan telepon. 

Kapan In-Depth Interview dipakai...? In-Depth Interview bisa kita pakai manakala kita membutuhkan informasi yang detail tentang seseorang atau perilaku seseorang tentang isu-isu utama yang menjadi topik bahasan kita. 
Misalnya kita ingin mengetahui seberapa efektifkah program pemberdayaan masyarakat sebuah lembaga, maka kita bisa melakukan In-Depth Interview kepada penerima program tersebut.

Langkah-Langkah yang harus dilalui dalam melakukan In-Depth Interview, yaitu:
  1. Perencanaan; yaitu melakukan identifikasi dan membuat list siapa list siapa yang akan dilibatkan dalam wawancara serta mengidentifikasikan informasi apa yang dibutuhkan dari setiap stakeholder yang dilibatkan.

  2. Mengembangkan isnstrumen; yaitu membuat draft interview sebagai panduan melakukan wawancara dan juga membuat bagaimana cara melakukan interview supaya terdapat kekonsitenan dalam melakukan wawancara. 

  3. Melatih para pewawancara; Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mempermudah pewawancara didalam melakukan tugasnya.
  4. Melakukan pengumpulan data; Adapun langkah yang harus kita lakukan adalah mengatur jadwal pertemuan dengan responden dan tentukan berapa durasi waktu yang dibutuhkan.
  5. Melakukan analisa data; Data sudah terkumpul kita analisa, kelompokkan jawaban responden yang mirip atau serupa, cek apakah responden yang muda mempunyai pandangan yang berbeda dengan yang lebih tua, apakah responden pria dan wanita mempunyai perbedaan sikap, bagaimana dengan antusiasme responden dalam menjawab pertanyaan.
Sebelum melakukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan In-Depth Interview, pastikan dulu bahwa responden bersedia untuk diwawancarai, dan verifikasi kembali apa yang disampaikan oleh responden.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 5 Langkah Dalam Pengumpulan Data In Depth Interview Pada Penelitian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid