https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

6 Istilah Dalam Menentukan Variabel Penelitian

6 Istilah Dalam Menentukan Variabel Penelitian


Variabel penelitian merupakan kerangka konsepyang ditentukan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga mendapatkan informasi tentang hal tersebut kemudian ditarik kesimpulannya. 

Ada beberapa istilah dalam penelitian baik yang digunakan dalam analisa bivariate maupun analisa multivariate diantaranya  adalah variabel bebas, variabel terikat, variabel eksogen, variabel endogen, variabel laten, variabel manifest, variabel interverning, variabel moderating, dan variabel kontrol.
  1. Variabel terikat dan variabel Bebas; Variabel terikat atau biasa disebut dengan variabel dependent, merupakan variabel yang keberadaannya dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya pengeluaran rumah tangga untuk membeli suatu barang yang diperlukan dipengaruhi oleh pendapatan, maka hal ini pengeluaran rumah tanga disebut sebagai variabel terikat.

    Sedangkan variabel bebas atau biasa disebut sebagai variabel independent, yaitu variabel yang mana keberadaannya mempengaruhi variabel lainnya, dalam kasus pengeluaran rumah tangga tersebut maka pendapatan merupakan variabel bebas karena keberadaannya bisa memberikan pengaruh terhadap pengeluaran (permintaan) akan suatu barang yang akan dikonsumsi oleh rumah tangga tersebut.

  2. Variabel Eksogen dan Variabel Endogen; Variabel eksogen merupakan variabel yang mana keberadaannya tidak ditentukan oleh variabel lain didalam model.  Variabel  eksogen ini bisa disamakan dengan Variabel independent akan tetapi penyebutan ini lebih sering digunakan manakala teknik analisa dalam penelitian yang digunakan adalah Path Analysis atau Structural Equation ODELING (SEM).

    Sedangkan Variabel independent lebih sering digunakan penyebutannya manakala teknik analisanya menggunakan regresi sederhana atau regersi berganda.
    Variabel endogen adalah variabel yang mana keberadaannya dipengaruhi oleh variabel lain, variabel endogen sering disebut juga  variabel dependent, kenapa disebut endogen karena posisinya dalam sebuah model berdada dibelakang atau posisi terkahir.

  3. Variabel Interverning dan Variabel Moderating; Variabel interverning ialah variabel yang menjadi perantara antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya yang mana sifatnya adalah mengintervensi. Variabel ini biasanya dipakai untuk penelitian yang melibatkan beberapa variabel yang saling terikat.

    Sedangkan yang dimaksud dengan variabel moderating adalah yang keberadaanya mempengaruhi hasil hubungan antar variabel yang lainnya. Pengaruh variabel moderating ini bisa bersifat positif maupun negatif.

  4. Variabel Laten; Variabel laten merupakan variabel dimana keberadaannya tidak dapat diukur secara langsung akan tetapi membutuhkan konstruk lainnya.
    Misalnya orientasi pasar, orientasi tidak dapat diukur secara langsung akan tetapi ia membuthkan variabel kontruk yakni berupa orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi antar fungsi.

  5. Variabel Manifest; Variabel Manifest atau biasa disebut dengan Variabel observed merupakan Variabel yang dapat diukur secara langsung. Variabel manifest inilah yang membentuk konstruk pada Variabel laten.

  6. Variabel Kontrol; Variabel kontrol merupakan Variabel yang pengaruhnya dapat dikendalikan. Pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara blocking atau mengeluarkan objek yang tidak termasuk kedalam kriteria yang telah ditetapkan, tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara pengaruh Variabel kontrol dengan Variabel yang dijadikan objek penelitian.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 6 Istilah Dalam Menentukan Variabel Penelitian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid