https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Gambaran Mengenai Anlisa Muktivariate dan Contohnya

Gambaran Mengenai Anlisa Muktivariate dan Contohnya


Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apakah yang dimaksud dengan Penelitian, dan apa tujuan melakukan penelitin.? Penelitian merupakan sebuah metode/ cara untuk mendapatkan sebuah kebenaran tentang suatu masalah atau fenomena yang benar-benar terjadi. Ada beberapa tujuan kenapa orang melakukan penelitian:
  • Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
  • Untuk memecahkan masalah atau  menjawab pertanyaan yang diajukan
  • Adanya rasa ingin tahu terhadap suatu hal
  • Ingin meningkatkan kualitas diri dan kualitas perguruan tinggi dalam rangka menin gkatkan kemajuan bangsa.
-Anlisa Muktivariate; Analisa data merupakan kegiatan mengatur, mengelompokkan atau mengaktegorikan data sehingga dapat ditemukan dan dirumuskan hipotesi kerja berdasarkan data yang diperoleh.
Analisa Muktivariate atau Muktivariate Analysis merupakan suatu analisa penelitian dimana variabel yang diteliti lebih dari dua variabel, kenapa? Karena tidak semua gejala itu hanya didasarkan pada dua variabel saja, sehingga diperlukan Muktivariate.

-Contoh;
  1. Permintaan akan suatu barang tidak hanya ditentukan oleh harga saja akan tetapi ditentukan juga oleh pendapatan dan selera.
  2. Kepuasan kerja karyawan tidak hanya ditentukan oleh gaja saja akan tetapi juga bisa dipengaruhi oleh tempat kerja dan suasana kerja.
Untuk memahami analisa Muktivariate, maka kita juga harus mengetahui tentang analisa univariate dan analisa bivariate sehingga kita bisa mengetahui perbedaannya. Dimana analisa univariate merupakan suatu analisa yang dilakukan untuk meneliti suatu variabel saja dan biasanya analisa univariate ini sering disamakan dengan analisa deskriptif.

Sedangkan analisa bivariate adalah analisa yang dilakukan untuk meneliti dua variabel saja atau biasa disebut dengan simple analisa dan alat analisis yang digunakan biasanya regresi sederhana (untuk penelitian korelasional). 

Contohnya seorang peneliti ingin melakukan penelitian tentang hubungan atau pengaruh antara harga (X) dan kuantitas permintaan (Y), jadi disini hanya ada dua variabel penelitian yaitu harga (X) dan kuantitas permintaan (Y), tanpa memasukkan variabel lain yang dimasukkan dalam penelitian.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Gambaran Mengenai Anlisa Muktivariate dan Contohnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid