https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Maksud Tabulasi Data Dalam Penelitian dan Contohnya

Maksud Tabulasi Data Dalam Penelitian dan Contohnya


Setelah alat pengumpulan data kita tentukan dan kemudian kita sebarkan kepada responden, langkah selanjutnya ialah mengambil kembali alat pengumpul data tersebut yang sudah diisi dari responden untuk selanjutnya kita tabulasi. 
Dari keterangan tersebut dapat kita artikan bahwa yang dimaksud dengan tabulasi data adalah; ‘merupakan proses merangkum data yang kita butuhkan dari beberapa teknik pengumpul data yang kita gunakan dan langkah selanjutnya akan kita analisa data tersebut.

Pada tahap ini sebagian besar peneliti pemula mungkin mengalami kebingunan, dimana letak kebingungan mereka? Dalam penelitian kuantitatif, untuk menganalisa data kita membutuhkan  nilai masing-masing variabel yang dilibatkan dalam penelitian. 

Kebingungan mereka terletak bagaimana menentukan nilai variabel bebas X dan variabel terikat Y, apalagi pada kuisioner jumlah pertanyaan untuk masing-masing variabel berbeda, misalnya untuk variabel X jumlah pertanyaan sebanyak 7 pertanyaan, sedangkan pertanyaan untuk variabel Y sebanyak 10 pertanyaan. 

Bagaimana cara menentukan nilai untuk masing-masing variabel? Caranya cukup sederhana yaitu:
  • Hitung jumlah data yang terkumpul (beberapa responden mengembalikan kuisioner)
  • Buat tabel pembantu untuk masing-masing variabel
  • Setelah tabel pembantu selesai diisi, buat nilai rata-rata dengan cara menjumlahkan seluruh nilai lalu dibagi dengan jumlah pertanyaan.
  • Nilai rata-rata inilah yang akan kita jadikan sebagai nilai untuk variabel penelitian. 
-Contoh; ''Misalnya ada 5 responden atau sampel yang mengembalikan kuisioner dan telah diisi semua pertanyaan dengan baik dan benar, maka kita akan membuat tabulasi datanya seperti hal dibawah ini.
Variabel X:
                                                           Pertanyaan
Responden





Total
Rata-Rata

1
2
3
4
5
6
7
Responden 1
4
3
5
4
3
2
3
24
3,4
3,4
3,7
3,4
4,1
Responden 2
3
5
3
2
4
3
4
24
Responden 3
4
4
3
3
4
4

26
Responden 4
3
3
4
2
5
4
3
24
Responden 5
2
5
5
5
5
4
3
29

Keterangan: Misalnya pertanyaan nomor satu, responden 1 menjawab jawaban b, setuju, dengan point 4, maka kita masukkan nilai tersebut kedalam tabel pembantu, bagitu juga dengan responden nomor 2 hingga 5, kita masukkan semua point jawaban mereka satu persatu, kemudian kita totalkan dan ambil rata-ratanya. Nilai rata-rata variabel X yang kita masukkan dalam pengolalaan data.

Setelah selesai melakukan tabulasi data tersebut, maka kita akan mendapatkan nilai untuk masing-masing variabel sebagai berikut:
Responden
Variabel X
Variabel Y
Responden 1
3,4
4,0
Responden 2
3,4
3,2
Responden 3
3,7
3,7
Responden 4
3,4
3,3
Responden 5
4,1
3,7

Terima kasih telah membaca artikel tentang Maksud Tabulasi Data Dalam Penelitian dan Contohnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid