https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

4 Manfaat Dalam Kajian Teoritis Pada Penelitian

4 Manfaat Dalam Kajian Teoritis Pada Penelitian


Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apakah yang dimaksud dengan Penelitian, dan apa tujuan melakukan penelitin.? Penelitian merupakan sebuah metode/ cara untuk mendapatkan sebuah kebenaran tentang suatu masalah atau fenomena yang benar-benar terjadi.

Ada beberapa tujuan kenapa orang melakukan penelitian:
  • Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
  • Untuk memecahkan masalah atau  menjawab pertanyaan yang diajukan
  • Adanya rasa ingin tahu terhadap suatu hal
  • Ingin meningkatkan kualitas diri dan kualitas perguruan tinggi dalam rangka menin gkatkan kemajuan bangsa.
Maksud Kajian Teoritis (Literatur riview); Kajian teoritis merupakan serangkaian kegiatan menelaah teori-teori yang berkaitan dengan rencana penelitian yang akan kita lakukan. Fokus utama dalam kajian teoritis ini adalah berkaitan dengan teori utama dan teori pendukung yang akan kita gunakan.

Kajian teoritis ini nantinya akan kita gunakan sebagai dasar kita untuk melakukan penelitian, artinya kita harus  mempunyai landasan teori yang kuat didalam melakukan penelitian. 

Dalam hal ini kita akan bertanya teori siapa yang akan kita pakai, misalnya dalam menganalisa tingkat persaingan industri kecil disuatu wilayah, kita bisa menggunakan teori Michael E. Porter. Langkah selangjutnya kita bisa melihat literatur-literatur yang lain yang berkaitan dengan tingkat persaingan sebuah industri, lalu kita mengaitkan dengan rencana penelitian yang akan kita lakukan, sehingga kita mendapat gambaran secara umum rencana penelitian tersebut dan tentunya grand theory apa yang akan kita pakai. 

Oleh karena itu, kajian teoritis ada juga yang menyebut literatur-literatur review atau tinjauan pustaka, yang ini semua merupakan  bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses penelitian. 

Berikut ini ada beberapa manfaat dari kajian teoritis, diantaranya ialah:

  1. Membantu kita untuk memahami apa yang menjadi objek penelitian kita dan membuat konseptualisasi dari research probelm yang kita bangun serta membantu kita untuk memahami hubungan antara research problem dengan body of knowledge yang kita bangun.

  2. Kajian teoritis (Literatur riview) akan membimbing kita kearah yang lebih bagus, terutama literatur yang berkaitan dengan rencana yang sebelumnya yang sudah melakukan hal yang sama sehingga kita  bisa mengikuti prosedurnya dan tata cara menyusun rencana penelitian dan yang paling penting adalah sudah teruji.

  3. Literatur riview juga akan membantu kita, apa yang sebenarnya ingin kita peroleh dari penelitian tersebut.
  4. Literatur riview juga akan membantu memberikan jawaban dari pertanyaan penelitian yang kita ajukan, lalu kita bandingkan temuan dari penelitian-penelitian sebelumnya, apakah ada perbedaan temuan dari penelitian sebelumnya.? Untuk menjawab pertanyaan ini tentunya kita harus kembali kepada seberapa banyak literatur yang sudah kita baca dan fahami.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 4 Manfaat Dalam Kajian Teoritis Pada Penelitian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid