3 Hal Penyebab Kesulitan Mencari Permasalahan Penelitian

3 Hal Penyebab Kesulitan Mencari Permasalahan Penelitian


Masalah penelitian (research problem) merupakan langkah dasar yang sangat penting didalam kita memulai penelitian. Gambaran awal yang kita dapati saru suatu fenomena tersebut bisa kita jadikan acuan untuk mengembangkannya atau kita angkat menjadi research problem. Yang dimaksud dengan research problem yaitu gambaran mengenai apa masalah yang akan kita angkat untuk dijadikan sebagai isu utama didalam sebuah penelitian. 

Contoh lain dari fenomena misalnya kita ingin meneliti mengenai perkembangan industri kecil di Pekanbaru. Kita tahu bahwa industri kecil dan menengah merupakan salah satu pilar perkembangan pembangunan disuatu daerah atau kota. 

Dalam kasu perkembangan industri kecil dan menengah di kota Pekanbaru diatas, kita bisa mencari tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi, kemudian bisa kita kaitkan fenomena tersebut dengan berbagai masalah yang mungkin sedang dihadapi oleh mereka, diantaranya misalnya masalah persaingan, strategi ataupun inovasi yang bisa dijadikan penyebab kinerja industri kecil menurun.

Hal ini sudah jelas, bahwa bagi peneliti pemula, terkadang sangat sulit untuk mencari permasalahan penelitian yang akan diangkat. Dibawah ini ada beberapa penyebab kenapa peneliti pemula kesulitan memulai untuk menulia penelitian, diantaranya yaitu:
  1. Bingung harus mulai dari mana
  2. Tidak banyak sumber informasi yang ia dapatkan untuk mencari permasalahan penelitian yang bisa diangkat.
  3. Terlalu sedikitnya waktu yang kita luangkan untuk membaca, padahal jika kita rajin membaca terutama hasil-hasil penelitian yang diterbitkan dalam bentuk jurnal atau penelitian sebelumnya dalam bentuk skripsi, tesis atau yang lainnya, maka kita akan banyak mendapat inspirasi untuk segera memulai penelitian.

    Selain dari jurnal dan skripsi atau tesis, sebenarnya masih banyak sumber permasalahan penelitian yang bisa kita dapatkan, misalnya dari hasil proceeding seminar, rekomendasi penelitian sebelumnya yang bisa kita lanjuti, limitasi penelitian, rekomendasi seminar, publikasi dari pemerintah atau Bank indonesia, serta sumber-sumber lainnya yang bisa kita jadikan acuan.
Perlu kita garis bawahi bahwa tidak semua masalah bisa dijadikan sumber penelitian, karena tidak semua masalah harus diselesaikan melalui penelitian, misalnya terjadi mogok kerja yang dilakukan oleh karyawan, masalah seperti ini tidak perlu diselesaikan melalui penelitian akan tetapi cukup dengan melakukan perundingan. 

Oleh karena itu hal yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian adalah kegunaan penelitian, prioritas, waktu, dan pendanaan serta kemampuan perlu juga diperhatikan bahwa kondisi berikut bahwa ini bukan merupakan kegiatan penelitian ilmiah. tetapi;
  • Hanya sekedar mengumpulkan data, lalu disusun dalam tabel dan diberi komentar
  • Menentukan fakta atau data yang tidak ada kaitannya dengan masalah penelitian yang akan kita teliti.
  • Menulis khusus yang menggambarkan sejarah dan aktifitas sehari-hari perusahaan.
Maka dari itu kita harus mengkaji lebih dalam, sehingga tidak asal melakukan penelitian tetapi manfaatnya kurang bisa kita rasakan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 3 Hal Penyebab Kesulitan Mencari Permasalahan Penelitian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid