Definisi Hipotesis Penelitian dan Contohnya

Definisi Hipotesis Penelitian dan Contohnya

Dalam penelitian ada istilah yang dikenal dengan “Hipotesis Penelitian”. Apakah yang dimaksud dengan Hipotesis Penelitian.? Secara istilah yang dimaksud dengan Hipotesis yaitu “Sebagai suatu dugaan yang besar kemungkinan dianggap menjadi jawaban yang benar dalam penelitian”, Hipotesis sering juga disebut sebagai teori sementara atau disebut juga sebagai “jawaban sementara terhadap sementara terhadap masalah yang diajukan. Hipotesis Penelitian (research hypoyhetical) berkenaan dengan pertanyaan penelitian yang diajukan untuk memprediksi kemungkinan yang terjadi dalam masalah penelitian.
  • Contohnya dalam pertanyaan penelitian kita mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
    “Apa menjadi penyebab terjadinya penurunan kinerja industri kecil di Pekanbaru?”
  • Dari qustion reseach diatas, maka hipotesis penelitiannya dapat kita buat sebagai berikut:
    “Diduga inovasi mempunyai pengaruh secara positif terhadap kinerja industri kecil di Pekanbaru”.
          Dalam membuat hipotesis yang akan kita buat harus mengaju pada penelitian terdahulu, karena hal ini akan memperkuat hipotesis penelitian yang akan kita buat. Semakin banyak referensi yang didapatkan (dibaca) baik itu referensi yang berkaitan dengan jurnal maupun non jurnal makan akan mempermudahkan kita dalam membuat Hipotesis Penelitian.
        Pernyataan hipotesis dinyatakan dengan Ho (hipotesis null) dan Ha (hipotesis alternatif). Dimana Ho merupakan hipotesis yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara varaiabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan yang dimaksud dengan Ha adalah ‘Adanya hubungan antara varaiabel independen terhadap variabel dependen (kebalikan dari pernyataan Ho)”.
Dari example hipotesis diatas dapat kita tuliskan sebagai berikut:
  • Ho: Inovasi tidak mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja industri kecil
  • Ha: Inovasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja industri kecil
Bagaimana mengetahui hipotesis yang kita ajukan itu di tolak atau diterima.? Caranya kita bisa membandingkan nilai t-hitung dengan nilai t-tabel, dengan ketentuan seperti dibawah ini:
  1. Jika nilai t-hitung > t-tabel, maka Ho ditolak, dan Ha diterima, Maksudnya variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.
  2. Jika nilai t-hitung < t-tabel, maka Ho diterima, dan Ha ditolak, Maksudnya variabel independen tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.
Apakah setiap penelitian memerlukan hipotesis.?
  • Jawabannya tentu tidak semua penelitian memerlukan hipotesis. Hipotesis hanya diperlukan dalam penelitian Kuantitatif (penelitian yang mencari pengaruh variabel satu dengan variabel yang lainnya). 
  • Sedangkan Penelitian kualitatif atau penelitian yang sifatnya penelitian survey tidak memerlukan hipotesis. Contohnya penelitian mengenai “Analisa potensi zakat pertanian di desa Bukit Lingkar”. 
Oleh karena itu, sebelum membuat hipotesis lihatlah apa jenis penelitian yang ingin kita lakukan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Hipotesis Penelitian dan Contohnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid