https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

4 Petunjuk Dasar Dalam Pemasaran Sebuah Produk

4 Petunjuk Dasar Dalam Pemasaran Sebuah Produk


Dalam setiap organisasi bisnis pasti selalu ada berbagai bagian yang terdapat didalamnya. Bagian-bagian yang selalu ada dalam setiap kegiatan organisasi bisnis yaitu ‘Bagian pemasaran, bagian keuangan, bagian produksi dan operasi, bagian akuntansi, dan bagian manajerial. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang ‘Bagian Pemasaran’.

Bagian pemasaran merupakan suatu bagian tertentu yang memiliki kewajibannya untuk menjalankan proses pemasaran agar dapat memperoleh dana yang dibutuhkan bagi kehidupan perusahaan. Oleh karena itu bagian pemasaran diumpamakan sebagai bagian yang menghasilkan darah bagi perusahaan. Apabila perusahaan tersebut kekurangan dana maka akan terjadi keadaan sepereti halnya dengan tubuh manusia yang kekurangan darah. Perusahaan itu otomatis akan menjadi lemah, lelah, lesu dan sulit bahkan akan sulit untuk bergerak. 

Darah atau dana yang dibutuhkan perusahaan itu haruslah dapat dihasilkan oleh bagian pemasaran melalui suatu kegiatan ‘proses pemasaran’. Dimana proses pemasaran merupakan suatu aktivitas yang berusaha untuk terjadinya kondisi ‘kecocokan produk dengan pasar’, dengan terjadinya kecocokan antara produk yang kita pasarkan tersebut dengan kebutuhan dan keinginan pasar maka akan terjadilah transaksi jual beli. 

Dengan transaksi tersebut maka muncullah dana atau uang masuk untuk perusahaan dari jual beli tersebut. Semakin banyaknya konsumen yang cocok dengan produk yang kita pasarkan maka semakin besar pulalah peluang perusahaan akan mendapat dana (semakin deraslah uang masuk yang dibutuhkan perusahaan). 

Bagaimana caranya agar terjadi ‘Produk Market Matching’ tersebut, sebagai petunjuk dasar bagi bagian pemasaran dalam menjalankan fungsinya itu dapat disebutkan kedalam 4 pedoman (4P) yaitu: produk, Price, promotion, dan Placement atau distribution.   
  • Produk; Produk yang kita pasarkan tidak hanya memperhatikan penampilannya saja, tetapi juga hendaknya berupa produk yang mudah, praktis, aman, tidak mahal, sederhana dan ekonomis dalam proses produksi dan distribusinya. 

  • Harga; Sebagaimana yang kita tahu bahwa harga merupakan sejumlah nilai yang akan ditukarkan oleh konsumen (pembeli) dengan banyak manfaat dari memiliki produk tersebut, Yang mana nilainya tersebut ditetapkan oleh kedua belah pihak yaitu antara pembeli dan penjual melalui proses tawar-menawar, dan bisa juga harga tersebut ditetapkan oleh penjual langsung untuk satu harga yang sama terhadap semua konsumen. 

  • Promosi; Disini yang perlu kita perhatikan, bahwa dalam mengkomunikasikan produk perlu dibuat suatu strategi yang matang dalam memenangkan persaingan, dan strategi tesebut terdiri atas empat bagian utama yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan perorangan.

  • Distribusi (Tempat); Sebagian besar produsen menggunakan perantara pemasaran untuk memasarkan produknya, dengan cara membangun saluran distribusi, yaitu sekelompok organisasi yang saling tergantung pada proses yang memungkinkan suatu produk tersedia bagi masyarakat (konsumen). 
Agar strategi produk kita bisa lebih efektif lagi dalam rangka mempengaruhi calon pembeli untuk tertarik membeli dengan kondisi yang puas dan ingin membeli produk tersebut lagi, maka kita harus mempelajari beberapa hal tentang strategi ini yaitu 'konsep produk, siklus kehidupan produk, dan jenis-jenis produk.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 4 Petunjuk Dasar Dalam Pemasaran Sebuah Produk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid