https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Gambaran Mengenai Penelitian Berdasarkan Jenis Penelitiannya

Gambaran Mengenai Penelitian Berdasarkan Jenis Penelitiannya


Penelitian merupakan sebuah metode/ cara untuk mendapatkan sebuah kebenaran tentang suatu masalah atau fenomena yang benar-benar terjadi.Sebelum melakukan penelitian, sebaiknya anda mengetahui dulu tahap-tahap yang harus dilalui sehingga hasil penelitian tersebut mendekati kebenaran yang diinginkan serta memiliki arah dan tujuan yang jelas. 

Setelah kita mengetahui masalah penelitian, maka langkah selanjutnya adalah ‘mengetahui untuk apa penelitian tersebut kita lakukan.? Apabila kita melakukan sebuah analisa tentang suatu fenomena, lalu kemudian kita tidak mengetahui untuk apa analisa tersebut kita lakukan, maka sebaiknya kita tidak perlu melanjutkan analisa tersebut. 

Oleh karena itu kita perlu membuat tujuan penelitian, tujuan penelitian biasanya dalam bentuk kalimat dan dimulai seperti berikut; Untuk menentukan..., Untuk mengetahui..., Untuk memastikan..., Untuk mengukur..., Unruk mengekplorasi, dan lain sebagai-Nya.

Tujuan penelitian tersebut tergantung tipe penelitan yang akan kita lakukan apakah deskriptif, korelasi, atau ekperimental.  Berikut ini contoh tujuan penelitian berdasarkan bentuk penelitiannya.

Contoh Tujuan Dalam Penelitian Deskriptif;

  • Untuk menjelaskan tipe pemberian insentif yang dilakukan oleh restauran BAREH SOLOK kepada karyawannya.
  • Untuk mengetahui opini karyawan fasilitas berobat yang diberikan oleh perusahaan transportasi do kota Pekanabaru.
Contoh Tujuan Dalam Penelitian Korelasi;
  • Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan terhadap pengeluaran keluarga.
  • Untuk mengetahui faktor apa sajakah yang mempengaruhi pengeluaran keluarga setiap bulannya.’
Contoh Tujuan Dalam Penelitian eksperimental;
  • Untuk membandingkan apakah ada perbedaan pemahaman bagi mahasiswa yang dilakukan perlakuan khusus dengan yang tidaj diberlakukan khusus.
  • Untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata daya tahan lampu merek X.
-Manfaat penelitian; Setiap penelitian yang akan kita lakukan sudah tentu ada manfaat yang akan dihasilkan, manfaat penelitian pada dasarnya merupakan jawaban terhadap tujuan penelitian yang kita buat. 
Misalnya dalam contoh tujuan penelitian deskriptif diatas, untuk tujuan bagian ke-dua, maka manfaatnya ialah “Mengetahui insentif apa saja yang diberikan oleh restauran Bareh Solok terhadap karyawannya".

Terima kasih telah membaca artikel tentang Gambaran Mengenai Penelitian Berdasarkan Jenis Penelitiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid