https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

6 Mode Pendekatan Untuk Mengembangkan Analisa Multivariate

6 Mode Pendekatan Untuk Mengembangkan Analisa Multivariate


Analisa Muktivariate merupakan suatu analisa penelitian dimana variabel yang diteliti lebih dari dua variabel, kenapa? Karena tidak semua gejala itu hanya didasarkan pada dua variabel saja, sehingga diperlukan Muktivariate.

Ada enam langkah pendekatan untuk membuat anlisa multivariate. Model pendekatan ini difokuskan pada analisa desain penelitian yang kita bangun. Dimulai dengan konseptual model hubungan yang akan kita uji.

Ke-enam model pendekatan ini akan memberikan kerangka untuk mengembangkan, menginterpretasikan serta memvalidasi analisa multivariate yang akan kita kerjakan. Ke-enam langkah tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Langkah 1: Mendefinisikan masalah penelitian, tujuan dan teknik multivariate yang akan digunakan. 
    Point pertama yang harus kita lakukan adalah mendefiniskan apa masalah penelitian yang menjadi dasar kita melakukan penelitian dan tujuan analisisnya secara konseptual. Dalam mendefenisikan konseptual model tidak perlu dijelaskan secara detail yang penting merepresentasikan hubungan yang akan dipelajari.

    Jika hubungan dependen yang kita ajukan dalam penelitian maka peneliti harus mengetahui dan membuat variabel dependen dan independen yang spesifik, jika kita mengajukan untuk meneliti dengan konsep interdependent teknik, maka kita harus membuat dimensi struktural yang lebih spesifik. Oleh karena itu peneliti harus memilih teknik multivariate yang tepat dalam melakukan penelitian.

  • Langkah 2: Mengembangkan rencana analisis.
    Jika konseptual model telah dikembangkan sesuai dengan teknik multivariate yang kita pilih, maka langkah selanjutnya adalah menginplementasinya.
    Bentuk implementasinya bisa berupa desain sampling, tipe variabel yanag akan kita pakai (apakah metrik atau nonmetrik), metode estimasi apa yang akan  dipakai, hubungan seperti apa yang akan dibangun. Intinya pada tahap ini harus sudah dispesifikan rencana penelitian kita.

  • Langkah 3: Evaluasi asumsi pada teknik multivariate.
    Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan uji asumsi klasik karena teknik multivariate mengharuskan data yang kita kumpulkan diuji terlebih dahulu sebelum dilanjutkan pada proses selanjutnya. Uji asumsi tersebut berupa uji normalitas data, linieritas data, multikolinieritas dan autokorelasi.

  • Langkah 4: Estimasi model multivariate dan menguji kecocokan model.
    Jika uji asumsi dalam analisa multivariate sudah kita lakukan, maka langkah selanjutnya adalah menguji apakah model tersebut memiliki kecocokan model sesuai dengan tingkat signifikan yang sudah kita tetapkan.

    Pada proses estimasi, peneliti bisa memilih opsi untuk menemukan karakteristik yang spesifik pada data kita, misalkan dengan menggunakan MANOVA. Setelah model diestimasikan dan secara keseluruhan kecocokan model sudah kita lakukan evaluasi, maka kita akan melankah pada tahap berikutnya.

  • Langkah 5: Menginterpretasikan variate.
    Setelah model kita terima, maka kita harus menginterpretasikan hubungan multivariate. Interprestasi ini meliputi pengaruh variabel secara individu dengan melihat koefisien masing-masing variabel.
    Tujuan dari interpretasi ini adalah untuk melihat hubungan secara multivariate dan hasilnya bisa kita lakukan generalisasi sesuai dengan populasi yang ada dan ukuran sampel yang kita pilih.

  • Langkah 6: Melakukan validasi model multivariate.
    Sebelum kita menerima hasil, peneliti harus melakukan validasi dan menggunkan metode validasi yang tersedia. Dengan demikian kita bisa memastikan dan menjamin bahwa hasil penelitian kita  bisa diterimaa secara umum dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.  
Terima kasih telah membaca artikel tentang 6 Mode Pendekatan Untuk Mengembangkan Analisa Multivariate.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid