https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

2 Langkah Simple Membuat Kuisioner Dalam Penelitian

2 Langkah Simple Membuat Kuisioner Dalam Penelitian


Kuisioner merupakan teknik pengumpulan data yang sangat banyak dan disenangi oleh para peneliti. Kuisioner merupakan alat pengumpul data dalam bentuk pertanyaan tertulis, baik berupa pilihan jawaban maupun pertanyaan essai. 

Teknik pengumpulan data dengan Kuisioner bisa dilakukan secara langsung, artinya langsung kita berikan kepada responden bersamaan dengan saat wawancara, dan bisa juga pertanyaan tersebut kita kirim via pos dan bisa juga kita kirim lewat email. 

Tentunya setiap teknik mempunyai kelemahan maupun kelebihan tersendiri, Misalnya apabila kuisioner kita kasih langsung kepada responden, tentunya tidak akan terjadi bias karena kita ketemu langsung sama respondennya, jika ada pertanyaan yang kurang paham kita bisa membantu menjelaskan. Kalo kita kaji kelemahannya adalah waktu yang terlalu lama dan biaya yang besar apabila sampel berada pada lokasi yang berjauhan.

Apabila kuisioner tersebut kita kirim via pos atau email, kemungkinan atau terjadi kekhawatiran kiriman kita tidak sampai dan sumber bias juga cukup besar, akan tetapi biaya yang dihabiskan sangat terjangkau. 

Berikut ini ada beberapa cara membuat kuisioner yang baik dalam penelitian:
  1. Lihat pedoman kuisioner yang serupa, maksudnya kita bisa mengadopsi pertanyaan yang dibuat oleh penelitian sebelumnya yang menjadi literatur kita.
  2. Menurunkan pertanyaan sendiri sesuai dengan kepentingan penelitian kita yang didasarkan dari variabel penelitian yang kita libatkan dalam penelitan kita.
Oleh karena itu, dalam membuat kuisioner penelitian, maka kita harus memperhatikan bentuk pertanyaan kita, apakah pertanyaan bersifat positif atau pertanyaan bersifat negatif. Apabila kita mengaju atau memulai pertanyaan positif dalam kuisioner kita, maka kita harus konsisten dengan pertanyaan positif, jangan selang seling karena ini akan memberikan hasil yang berbeda. 

Bagaimana menurunkan pertanyaan penelitian dari variabel penelitian kita.? Contohnya penelitian kita berkenaan dengan pelatihan, maka kita bisa menurunkan pertanyaan dari dimensi pelatihan itu sendiri diantaranya “Materi pelatihan, pemateri latihan, fasilitas latihan, waktu pelatihan.

-Contoh pertanyaan untuk materi pelatihan:
“Materi pelatihan disampaikan bagus dan mengena”, maka kita bisa membuat pilihan jawaban sebagai berikut:
a. Sangat setuju
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju

-Contoh pertanyaan untuk pemateri pelatihan:
“Pemateri menguasai materi pelatihan”, maka kita bisa membuat pilihan jawaban sebagai berikut:
a. Sangat setuju
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju

Ingat bahwa jawaban kuisioner yang kita siapkan tidak harus dengan pilihan setuju atau tidak setuju, tetapi kita bisa membuat variasi yang lainnya misalnya pilihan jawab sangat baik hingga sangat tidak baik atau pilihan jawaban berupa sangat puas hingga sangat tidak puas.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 2 Langkah Simple Membuat Kuisioner Dalam Penelitian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid