https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Mengenali Tabugan Ibadah Umrah Pada BMT di Pekanbaru

Mengenali Tabugan Ibadah Umrah Pada BMT di Pekanbaru


BMT (Baitul Mal Wat Tamwil) atau biasa dikenal dengan 'koperasi syariah' merupakan Salah satu lembaga keuangan Non-Bank yang menjalankan sistem kerjanya berbasis syariah. Dimana Fungsi BMT ini sama juga seperti BANK, yaitu sama-sama Menghmpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya dalam bentuk Pinjaman.  

Produk-produk dana yang terdapat didalam BMT (operasi syariah) diantarnya yaitu; Tabungan Ibadah Haji, Tabungan Ibadah Umrah, Tabungan Ibadah Qurban dan Aqiqah, Tabungan Sekolah Pelajar, Tabungan Cerdas, dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan kali ini ksaya akan membahas tentang Tabungan Ibadah Umrah;
-Tabungan Ibadah Umrah; Merupakan salah satu produk-produk dana yang ada di lembaga Keuangan  berbasis Syariah dan juga merupakan tabungan berjangka untuk membantu anggota menunaikan ibadah Umrah. 

Tabungan berjangka yang dimaksud disini ialah tabungan yang bisa diambil pada waktu yang telah ditentukan/ disepakati antara pihak bank dengan pihak nasabah. Tabungan perencanaan Ibadah Umrah ini pada umumnya di lembaga keungan Syariah menggunakan prinsip mudharabah musyarakah/ mutlaqoh, yang pada intinya pada prinsip ini terdapat nisbah (bagi hasil) antara si pengelola (bank) dengan nasabah. 

Apabila kita ingin menolong agama Allah, maka Allah akan menolong mereka untuk mencapainya. Salah satu keuntungan yang didapatkan dalam melakukan tabungan Ibadah umrah ialah:
  • Mendapatkan bagi hasil yang halal dan menguntungkan
  • Ikut serta dalam memajukan Ekonomi Umat
  • Setoran tabungan dapat dilakukan setiap saat
  • Dapat  mengajukan dana talangan Umrah maksimal 50% dari kekurangan biaya umrah sesuai ketentuan pembiayaan berlaku dan harus lunas sebelum berangkat umrah.
Ketentuan-Ketentuan yang berlaku dalam tabungan Ibadah Umrah, Dimana ketentuan ini saya dapatkan informasinya dari BMT-Islam Abdurrab Pekanbaru, 2019. diantara ketentuannya yaitu:
  1. Setowal awal minimal Rp-1.000.000,- untuk membuka tabungan ibadah umrah
  2. Setoran berikut tidak ada patokan\ ketentuan (sesuai dengan rencana keberangkatan)
  3. Ketentuan keberangkatan sesuai jadwal travelumrah.
  4. Perencanaan keberangkatan minimal 6 bulan dan maksimal 60 bulan.
  5. Penarikan Tabungan Ibadah Umrah hanya untuk berangkat umrah atau karena ada udzur syar'i.
Dan untuk Pesyaratan membuka Tabungan Ibadah Haji ialah; Fotocopy Kartu Identitas (KTP/SIM), dan Mengisi Formulir buka Tabungan.

Tabungan Ibadah Umrah akan sangat membantu masyarakat merencanakan keuangannya dengan tujuan untuk keperluan ibadah umrah.  Faktanya, dengan niat yang tulus serta diiringi dengan planning yang matang melalui fasilitas tabungan rencana umrah, maka insya Allah  ibadah umrahnya berjalalan dengan mudah dan lancar. `Merencanakan Niat Umrah/Haji saja ke Tanah Suci itu bernilai disisi Allah, asalkan Niatan tersebut Lillahhita'ala.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengenali Tabugan Ibadah Umrah Pada BMT di Pekanbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid