https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Keutamaan Orang yang Menshalatkan Jenazah

Keutamaan Orang yang Menshalatkan Jenazah


Sebagai umat islam, Apabila ada saudara-saudara kita yang meninggal dunia, kita diwajibkan melakukan 4 perkara ini, yaitu: Memandikannya, Mengkafaninya, Menshalatkannya, Menguburkannya. dan dianjurkan menyelenggarakannyy sampai selesai yaitu sampai tahap menguburannya.

Defenisi Shalat jenaza;
  • Yaitu shalat yang dikerjakan sebanyak 4 kali takbir, dan hukum dari shalat jenazah adalah fardu kifayah, Artinya wajib bagi kita umat muslim menshalati muslim lainnya berpulang kerahmatullah, dan apabila tidak melaksanakannya maka ini semua menjadi tanggung jawab seruluh umat muslim.
  • Shalat Jenazah juga merupakan shalat yang dilakukan oleh orang hidup ke atas orang yang telah mati.
Hukum shalat jenazah adalah Fardu kifayah, bagi orang yang hidup atau bagi musllim yang tinggal di daerah tersebut.
Fardu kifayah, maksudnya disini ialah jika sebahagian muslim melaksanakannya, maka terlepas muslim yang lain dari tanggung jawab itu. Tetapi apabila sebaliknya terjadi, tidak ada seorangpun yang melaksanakannya (mensholatkan si mayat tersebut), maka seluruh muslim di kawasan tersebut mengandung dosa.

Salah Satu Syarat menyholatkan jenazah, yaitu: Jenazah harus suci dari hadats besar dan kecil, bersih badan, dan pakaian. Jenazah telah dimandikan dan dikafankan. Lalu Letak jenazah di sebelah kiblat orang yang menshalatkan.

Rukun sholat jenazah;
  1. Niat
  2. Berdiri Bila Mampu
  3. Takbir 4 kali 
  4. Membaca Surat Al-Fatihah
  5. Membaca Shalawat kepada Rasulullah SAW
  6. Doa Untuk JenazahDoa Setelah Takbir Keempat
  7. Salam
Sunnat Shalat Jenazah; Mengangkat tangan pada tiap-tiap takbir, Merendahkan suara bacaan, dan Membaca Ta’awuz.

Selain dari syarat dan rukun shalat jenazah, hal ini juga perlu anda perhatikan. Ada beberapa syarat mayit yang perlu dimandikan, yaitu;Mayit itu seorang islam, Ada tubuhnya walaupun sedikit, Meninggal bukan karena mati syahid.

Sedangkan Mayat yang Tidak Perlu di Mandikan, yaitu;
  1. Orang mati syahid; yang dimaksud dengan mati syahid yaitu orang yang meninggal di medan perang untuk membela agama Allah swt.
  2. Orang kafir dan munafik; Orang Kafir yang dimaksud ialah orang yang terang-terangan mengingkari ajaran islam, sedangkan yang dimaksud dengan orang munafik adalah orang yang dari lahirnya memeluk agama islam tetapi batinnya memusuhi Islam.
-Keutamaan orang yang menshalatkan jenazah; 'Barang Siapa yang menshalatkan jenazah dan mengiringi jenazah maka ia memperoleh pahala sebesar satu qirath (pahala sebesar satu gunung), dan bagi siapa yang mengiringi sampai sudah penyelenggaraannya, maka ia akan mendapatkan dua qirath'.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Keutamaan Orang yang Menshalatkan Jenazah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid