Gambaran Mengenai Jual Beli Pada Pasar Modern

Gambaran Mengenai Jual Beli Pada Pasar Modern


Pasar modern juga merupakan sebuah  tempat belanja, dimana penjual dan konsumen tidak melakukan transakasi secara langsung, melainkan konsumen melihat label harga yang sudah ada pada sebuah barang tersebut.

-Pasar Modern; yaitu pasar yang bersifat modern, dimana barang dagangannya diperjual belikan dengan harga yang pas sehingga tidak ada lagi kegiatan tawar-menawar antara pembeli dan penjual. 

-Salah satu keunggulan dari pasar modern ialah;
  • Memiliki tempat yang bersih dan nyaman, Contoh seperti; Mall, Plaza, Swalayan, Ramayana, Indomaret, Alfamart, Super market, dll-Nya.
  • Pasar modern tidak hanya menjual kebutuhan sandang dan pangan saja, tetapi pasar modern juga ada menjual kebutuhan pokok dan sebagian besar barang dagangan yang dijualkan di pasar modern memiliki kualitas yang baik. 
Syarat yang harus dipenuhi Terbentuknya Pasar Tradisional, yaitu: Adanya penjual dan adanya pembeli, Adanya barang atau jasa yang akan diperjualbelikan, dan Terjadinya kesepakatan harga dan transaksi, antara penjual dan pembeli.

Dalam perspektif islam, Syarat jual beli harus memenuhi syarat-syaat sebagai berikut:
  1. Adanya pihak penjual dan pembeli; Syarat penjual dan pembeli yaitu; Berakal sehat, Orang yang melakukan jual beli harus dewasa (Baliq), Transaksi terjadi atas kemauannya sendiri tanpa adanya paksaan.
  2. Adanya barang dagangan yang diperjual belikan; Syaratnya ialah: Barangnya bersih atau suci, barang yang diperjualbelikan bukan barang haram, Barang yang dijual benar-benar Milik penuh si penjual tersebut. 
  3. Akad jual belinya; Yaitu 'Ijab dan qabul' (serah-terima barang yang diperjualbelikan). ijab merupakan pernyataan penjual barang dan qabul perkataan penerima barang.
Pasar modern tidak bisa disamakan dengan pasar tradisional, karena dapat kita lihat dari segi Tempatnya, Penerangan di pasar tradisional tempatnya cukup sederhana saja (secukupnya), dan tidak ber-AC.

-Gambaran Mengenai Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern;
  • Dari segi Kebersihan juga nampak sekali perbedaannya, kalau di pasar tradisional kebersihannya belum dan kurang terjaga, seperti sampah banyak berserakan dan bertumpukan sehingga sering menimbulkan bau dan akibatnya jika turun hujan, akan becek dan kotor.

    Sedangkan dipasar Modern memiliki tempat yang bersih, ruangannya memiliki AC, keamanannya pun terjaga, dan lain-lainnya.

  • Biasanya pasar tradisional umumnya menyediakan berbagai macam bahan pokok keperluan rumah tangga, dan pasar ini biasanya berlokasi di tempat yang terbuka. Bentuk bangunan di pasar tradisional ialah berbentuk Toko dan Kios.

    Dimana Toko tersebut digunakan untuk berjualan barang dagangan kita. seperti menjual pakain, aneka kue, dan barang atau perabotan lainnya. Sedangkan Kios biasanya digunakan untuk berjualan Daging, Ikan, buah-buahan, sayuran, dan lain-lainnya. 
Hal yang demikian bisa memberikan perbedaan antara pasar modern dan pasar tradisional.Untuk itu marilah kita sama-sama menjaga dan meningkatkan kebersihan di pasar tradisional sebaik-baik mungkin, karena itu semua siapa lagi yang akan melakukannya kalau bukan dari dari kita.

Dengan kebersihan pasar tradisional yang rapi dan bersih sehingga menimbulkan tempat yang nyaman untuk dikunjungi oleh masyarakat. 

Terima kasih telah membaca artikel tentang Gambaran Mengenai Jual Beli Pada Pasar Modern.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid