4 Pihak yang Terkait di Dalam Reksadana

Gambaran Mengenai Reksadana dan Pihak yang Terkait di Dalamnya

-Definisi Reksadana; Secara umum yang dimaksud dengan Reksadana Ialah; wadah/ tempat yang digunakan untuk mengimpun dana dari masyarakat untuk di investasikan dalam bentuk fortofolio efek oleh manajer investasi. (UU NO 8 tahun 1995).

Sedangkan menurut perspektif islam/ Reksadana syariah, yaitu Reksadana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip syariah baik dalam bentuk akad, pengelolaan dana, dan penggunaan dana. Prinsip syariah yang dimaksud disini ialah sesuai dengan hukum islam berdasarkan fatwa-fatwa yang ditetapkan oleh (Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau Badan Syariah Nasional (BSN).

-Pihak-Pihak yang terdapat di dalam reksadana;
  1. Investor; yaitu pihak yang melakukan investasi kepada reksadana
  2. Manajer investasi; (Pengelola fortofolio dan Penjual reksadana), Manajer investasi ialah perusahaan investasi yang mempunyai ahli profesional yang ditunjuk wakil manajer investasi.
  3. Badan Pengawasan; atau Pihak yang terdapat di dalam kontrak reksadana, Seperti;'Bapepam-LK' (Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan), yaitu sebuah lembaga dari Departemen Keuangan Republik Indonesia, yang  bertugas untuk mempromosikan, mengatur dan mengawasi kegiatan pasar modal.
  4. Bank kostodian; Bank Kustodian yaitu bank umum yang telah mendapatkan izin usahanya sebagai kustodian. Lembaga ini hanya bertugas atau hanya terkait dengan kegiatan investasi, namun memiliki fungsi; Menyimpan asset reksadana, Mengadministrasi reksadana, dan Menghitung hasil investasi reksadana.
-Ciri-Ciri Reksadana;
  • Sebagai Lembaga intermediaso barang investasi
  • Periode investasi jangka menengah dan jangka panjang
  • Lebih transparan (Ada pengelola), Dikelola oleh para profesional yang memiliki izin resmi.
  • Pembukuan ditutup setiap hari
  • Nasabah bisa menarik dan memasukkan dana setiap hari
  • Filternya lebih besar dari pada bunga deposito
  • Hasil yang diperoleh bersih (Tanpa Pajak).
  • Beresiko, yang namanya bisnis (Penanaman modal/investasi) pasti ada untung-ruginya).
Pada dasarnya Investasi pada reksadana merupakan salah satu investasi strategis bagi masyarakat pemodal, baik pemodal untuk usaha organisasi maupun individual.
Bagi para pemodal kecil atau orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu dan pengetahuan yang mendalam mengenai literasi keuangan, reksadana sangatlah cocok untuk melakukan kegiatan investasi. 

Untuk memulai bisnis pada raksadana, Sistemnya sangat sederhana, Jadi, yang harus anda lakukan disini ialah; 
"Anda hanya perlu menaruh/ menanam sejumlah modal yang dipercayakan kepada profesional untuk membeli saham, Anda tidak perlu pusing dan memikirkan saham atau obligasi apa yang harus Anda beli, Langkah Selanjutnya manajer investasilah yang akan mengelola modal Anda''. Sederhanakan...?

Terima kasih telah membaca artikel tentang Gambaran Mengenai Reksadana dan Pihak yang Terkait di Dalamnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid