Gamparan Singkat Mengenai Legalitas Perusahaan

Gamparan Singkat Mengenai Legalitas Perusahaan


-Perusahaan Adalah; Suatu badan usaha yang melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk menghasilkan sesuatu (barang dan jasa). Setiap Perusahaan ada yang sudah terdaftar di pemerintahan dan ada juga yang tidak terdaftar.

Jadi, perusahaan yang sudah terdaftar di pemerintah, tentunya mereka memiliki badan usaha di perusahaannya. Badan usaha ini lah sebagai status dari perusahaan tersebut yang sudah terdaftar di pemerintah secara resmi. 

-Legalitas Perusahaan Ialah; "Setiap bentuk usaha yang memenuhi persyaratan undang-undang dinyatakan sebagai bentuk usaha yang sah. Legalitas di dalam suatu perusahaan merupakan faktor utama bagi badan usaha untuk dapat bertindak secara hukum, melakukan transaksi, produksi dan hal lainnya.

-Sangatlah penting  sekali yang namanya 'Legalitas'....
''Karena dengan adanya Legalitas tersebut maka perusahaan itu sendiri sudah dapat izin dari peraturan-peraturan tertentu (Undang-Undang) di dalam membangun usaha di dunia bisnis. Dengan adanya Legalitas kita mungkin sudah merasa aman dari berbagai mara bahaya atau ancaman dari luar''.

-Bagaimana cara melegalitaskan perusahaan....? 
Setelah anda yakin akan atau anda ingin melegalitas perusahaan anda, maka anda harus melengkapi dokumen-dokumen penting yang diperlukan, diantaranya;
  • Membuat akta perusahaan yang dilakukan kepada Notaris
  • Meminta surat izin dan domisili perusahaan (yaitu dari lingkungan setempat, Desa atau kelurahan dan izin dari kecamatan).
  • Membuat SIUP (surat izin usaha perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), SITU (surat izin tempat usaha), dan surat izin lainnya.
  • Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan membuat NPWP perusahaan kepada kantor pelayanan pajak sesuai dengan domisili perusahaan.
  • Mengurus surat pengukuhan (PKP) Pengusaha Kena Pajak, kemudian langkah selanjutnya baru meminta faktur untuk menerbitkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
  • Laporan SPT bulanan dan tahunan
  • Membayar pajak jika perusahaan memenuhi syarat membayar pajak
  • Memperpanjang dokumen jika masa kadaluarsanya habis
-Pertimbangan perusahaan untuk segera melegalitaskan perusahaannya.....!
  1. Perusahaan tersebut merasa penting untuk melegalitaskan perusahaannya, dengan alasan sebagai upaya tunduk dan patuh pada aturan hukum.
  2. Perusahaan tersebut berhubungan atau menjalin kerja sama dengan instansi pemerintahan, seperti penyedia barang atau jasa, akan mengikuti tender barang atau jasa yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  3. Perusahaan  tersebut memeiliki hubungan dengan perusahaan lain, sebagaimana kerjasama yang dilakukan antar instansi, baik dengan instansi pemerintah maupun dengan pihak swasta lainnya.
  4. Perusahaan tersebut sudah cukup syarat untuk mengeluarkan pajak pertambahan nilai dari penjualannya.
  5. Perusahaan tersebut sudah memiliki kewajiban untuk membayar pajak, seperti pajak untuk pertambahan nilai, pajak untuk karyawan, dan lain-lain-Nya.
  6. Memiliki brand tersendiri sehingga perusahaan tersebut memang membutuhkan lindungan hukum terhadap perusahaannya, dengan tujuan agar perusahaan tersebut kuat secara hukum.
Itulah gamparan singkat mengenai 'Legelitas' perusahaan. Terima kasih telah membaca artikel tentang Gamparan Singkat Mengenai Legalitas Perusahaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid