https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Pengertian Segmentasi Pasar Lengkap dengan Tujuannya

Pengertian Segmentasi Pasar Lengkap dengan Tujuannya


Pada dasarnta kegiatan Segmentasi pasar merupakan suatu strategi yang didasarkan pada filsafah manajemen pemasaran yang orientasinya adalah konsumen, Dengan melakukan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan lebih efektif dan efesien dalam rangka memberikan kepuasan kepada  bagi konsumen.

Secara umum, Segmentasi pasar berarti "mengidentifikasi, menggambarkan,
dan mengelompokkan pasar sasaran berdasarkan kesamaan-kesamaan.

Segmentasi pasar juga merupakan Semacam anjuran agar memilih bagian tertentu saja dari suatu pasar yg luas, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang "Kriteria Segmentasi yang baik"
  1. Dapat diukur (kuantitatif)
  2. Potensial (ada peluang)
  3. Dapat dijangkau (sisi fisik (distribusi barang) dan non fisik (promosinya))
  4. Dapat dibedakan (segmennya sangat berbeda dengan jelas)
Tujuan Untuk Segmentasi
1. Keuntungan segmentasi
  • Melayani konsumen dengan lebih baik (buat produk yg sesuai dengan segmennya)
  • Membuat produk yang lebih responsif dengan kebutuhan pasar
  • Memperbaiki posisi persaingan perusahaan (analisa pasar) “pesaing kita bukan hanya pembuat produk yg sama dengan kita, tapi juga yg mampu menjadi alternatif kebutuhan konsumen”
  • Menemukan niche (relung)
Dari strategi segmentasi ini, kita bisa melakukan:
  1. Pemasaran undifferentiated
  2. Diferensiasi
    -Pasar; kebutuhan dan keinginan berbeda (demandx gmn?)
    -Produk; desain produk dibedakan dengan pesaing (supply side)
  3. Konsentrasi (bisa wil geografis, sasaran konsumen)
  4. Pemasaran Individual; Pemasaran satu lawan satu, customized, limited edition. Ex: moge, jam tangan merek tertentu, pakaian dari desainer tertentu
Targeting:
  • Pada dasarnya, Targeting merupakan penetapan pasar sasaran, dan memilih segmen tertentu untuk dijadikan target pasar. Dikemas secara memuaskan
  • Caranya dengan mempertimbangkan;
    -Ukuran pasar
    -Pertumbuhan pasar
    -Keunggulan kompetitif (melebihi pesaingnya)
    -Situasi persaingan
Positioning:
  • Merupakan menempatkan produk dan merek perusahaan ke benak pelanggannya 
  • Bukan sesuatu yang anda lakukan terhadap produk, tapi…
  • Sesuatu yang anda lakukan terhadap otak calon pelanggan
  • Bukan strategi produk, tapi strategi komunikasi
Mengapa Positioning penting dalam melakukan Segmentasi Pasar,? karena…
  • Saat ini, jumlah merek dan produk sangat banyak,
  • Konsumen dihadapkan dengan pertarungan antara merek dan produk yg berebut masuk untuk mendapatkan kapling dalam benaknya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian Segmentasi Pasar Lengkap dengan Tujuannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid