https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Pengertian Bank dan Perbankan Lengkap dengan Perbedaannya

Pengertian Bank dan Perbankan Lengkap dengan Perbedaannya


Pada saat sekarang ini, banyak orang yang memahami bahwa pengertian bank sering disamakan dengan pengertian perbankan, padahal keduanya berbeda dan keduanya ada terdapat perbedaan antara bank dan perbankan, dari segi pengertiannya telah berbeda, Dimana, yang dimaksud dengan BANK ialah:
  • Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya, dan memberikan layanan jasa kepada msyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bank terdiri atas dua jenis yaitu bank konvensional dan bank syariah.
  • Bank konvensioanl, ialah bank yang menjalankan kegiatan usahanya secara konvensional yang terdiri atas Bank Umum konvensioanl dan Bank Perkreditan Rakyat.
  • Bank Syariah, ialah bank bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah yang terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.
  • Dimana Bank Umum Syariah kegiatannya memberikan jasa kepada masyarakat (nasabah) dalam lalu lintas pembayaran. Sedangkan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam melakukan kegiatan usahanya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
  • Apakah yang dimaksud dengan UUS (Unit Usaha Syariah), UUS adalah unit kerja dari kantor pusat Bank Umum Konvensioanl yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor (unit) yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip Syariah, atau unit kerja di kantor cabang dari suatu bank yang berkedudukan di luar negeri yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensioanl yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor cabang pembantu dan atau unit syariah. 
  • Dilihat dari sejarahnya, Bank Syariah yang pertama kali berdiri di indonesia ialah Bank Muamalat Indonesia (BMI), yaitu berdiri pada tahun 1992.
  • Sedangkan yang dimaksud dengan Perbankan ialah; 'Semua lembaga atau badan usaha yang berkaitan dengan bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya".
  • Perbankan yang berdasarkan Syariah adalah Semua lembaga atau badan usaha yang membahas tentang atau yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah, mencakup kelembagaan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya.
  • Dimana Tujuan Perbankan Syariah ini ialah "Menunjang pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan keadilan, kebersamaan, da pemerataan kesejahteraan rakyat".
  • Tujuan utama dari pendirian lembaga keuangan berlandaskan syariah ialah sebagai upaya kaum muslimin untuk mendasari segenap aspek kehidupan ekonominya berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah.
Dengan penjelasan diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, yang meliputi tiga kegiatan utama yaitu Menghimpun dana, menyalurkan dana dan memberikan jasa.  

Kegiatan atau tugas pokok perbankan ialah  menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat (Nasabah). Sedangkan kegiatan memberikan jasa-jasa Bank lainnya hanyalah merupakan pendukung dari kedua kegiatan diatas. Perbankan yang menjalankan kegiatannya yang berlandaskan prinsip konvensional, profit keuntungan utama yang diperolehnya ialah dari selisih bunga simpanan yang diberikan kepada penyimpan dengan bunga pinjaman atau kredit yang disalurkan. 

Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian Bank dan Perbankan Lengkap Dengan Perbedaannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid