https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Definisi Positioning dan Landasan Merumuskan Positioning

Definisi Positioning dan Landasan Merumuskan Positioning


Dalam Kegiatan Pemasaran Suatu Produk, Positioning dapat diartikan sebagai tindakan perusahaan untuk merancang suatu produk yang dimilikinya dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen.
  • Positioning juga merupakan menempatkan produk dan merek perusahaan ke benak pelanggannya. Bukan sesuatu yang anda lakukan terhadap produk, tapi…
  • Sesuatu yang anda lakukan terhadap otak calon pelanggan Bukan strategi produk, tapi strategi komunikasi
Syarat membangun positioning:
  1. Harus dipersepsi secara positif oleh pelanggan dan menjadi “Reason to buy” bagi mereka
  2. Harus mencerminkan kekuatan dan keunggulan kompetitif perusahaan. Contoh; Honda "Rajanya motor bebek", ini karena menjadi pemimpin pasar hampir 60%.
  3. Harus bersifat unik sehingga tidak mudah ditiru oleh pesaing
  4. Harus berkelanjutan dan selalu sinkron
Landasan Merumuskan Positioning:
  • Proposisi nilai yg dianggap penting dan manfaat
  • Capaian (achievement) yang sudah dihasilkan. Misal, Bank Mandiri sebagai Bank terbesar di Indonesia, Honda Rajanya motor bebek
  • Segmen dan pelanggan yang menjadi Target perusahaan 
  • Atribut yang menjadi keunggulan produk dan merek. Ex: Volvo
Cara menyusun Positioning:
  1. Identifikasi target segmen yang relevan. Siapa yang akan membeli
  2. Menentukan "Front of Reference" Pelanggan (nilai yg dianggap penting oleh pelanggan)
  3. Merumuskan "Point of differentiation".
  4. Menetapkan keunggulan kompetitif produk
  5. Differensiasi; bukti dari janji perusahaan yang diberikan kepada pelanggan
  6. "Positioning paradox", yaitu di satu sisi harus melakukan "repositioning" ketika lingkungan berubah, disisi lain "positioning" perusahaan harus konsisten dan tidak berubah.
Mengapa Positioning sangat penting Dalam Kegiatan Pemasaran Suatu Produk.? karena…
  • Saat ini, jumlah merek dan produk sangat banyak,
  • Konsumen dihadapkan dengan pertarungan antara merek dan produk yg berebut masuk untuk mendapatkan kapling dalam benaknya.
Dalam melakukan suatu strategi positioning, anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan apakah perusahaan dapat memberikan 3 hal, berikut:
  1. yang dibutuhkan oleh pasar.
  2. keunikan (distinctive)
  3. kesinambungan (sustainability). 
Apakah 3 ini, perusahaan bisa atau sanggup menyediakan sumber-sumber untuk mendukung dan mempertahankan kesinambungan positioning yang diinginkan?

Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Positioning dan Landasan Merumuskan Positioning.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid