https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Definisi Lembaga Keuangan dan Kegiatan yang Dilakukannya

Definisi Lembaga Keuangan dan Kegiatan yang Dilakukannya 


Apa yang dimaksud Lembaga Keuangan.? Lembaga keuangan ialah suatu lembaga yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya, Bentuk umum dari lembaga keuangan ialah, berupa Perbankan, building society, koperasi, Credit Union, pialang saham, aset manajemen, modal ventura, koperasi, asuransi, dana pensiun, dan bisnis serupa lainnya.

Di Indonesia lembaga keuangan dikategorikan ke dalam 2 kelompok, yaitu:
1.) Lembaga keuangan bank, Maksud dari Lembaga keuangan bank yaitu lembaga keuangan yang berwujud bank. Dimana Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannnya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya, dan memberikan jasa kepada nasabahnya dalam rangka meningkatkan teraf hidup rakyat banyak. Bank terdiri atas dua jenis, yaitu bank konvensioanl dan bank syariah. 
  • Bank konvensional, yaitu bank yang menjalankan aktivitas usahanya secara konvensional. Dimana bank konvensioanl ini terdiri atas bank Umum Konvensioanl, dan Bank Prekreditam Rakyat (BPR).
Kegiatan yang dilakukan Bank konvensional, yaitu;
a.) Mengumpulkan dana masyarakat, dalam bentuk Simpanan Giro, Simpanan Tabungan, maupun Simpanan deposit.
b.) Menyalurkan dana ke masyarakat, bank konvensioanl juga melakukan kegiatannya yaitu menyalurkan dana ke masyarakat yang memang sedang membutuhkan dana untuk kepentingannya. Dana tersebut disalurkan bisa dalam bentuk pinjaman berupa kredit investasi, kredit konsumsi. dan bisa juga dalam bentuk kredit modal kerja.
c.) Memberikan jasa, bank konvensional juga bertugas sebagai pelayanan jasa, contohnya; nasabah yang melakukan transfer uang ke nasabah lainnya baik itu dalam satu bank yang sama maupun bank berbeda. Hal ini merupakan bentuk pelayanan jasa bank konvensional kepada nasabahnya. keuntungan yang diambil oleh bank konvensioanl yaitu 'biaya administrasinya'. bentuk lainnya dari Memberikan jasa pada bank konvensioanl yaitu jual beli surat-surat berharga, jasa kliring, dl-Nya.

  • Bank syariah, yaitu bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Dimana bank syariah terdiri atas Bank Umum Syariah, dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.
kegiatan yang dilakukan oleh bank umum syariah, yaitu:
a.) Menerima simpanan dana dari masyarakat, Menerima simpanan dalam bentuk giro berdasarkan prinsip wadi’ah, tabungan berdasarkan prinsip wadi’ah atau mudharabah, deposito berjangka berdasarkan prinsip mudharabah, atau simpanan simpanan dalam bentuk lain yang berdasarkan prinsip wadi’ah ataupun mudharabah.

b.) Menyalurkan dana, penyaluran dana dalam bentuk piutang yang berdasarkan prinsip mudharabah, isthishna, ijarah, dan as-salam, dan menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan dengan prinsip bagi hasil, dan pembiayaan lainnya berdasarkan prinsip qardh.

c.) Memberikan jasa lainnya,  yaitu Memberikan jasa berdasarkan prinsip dalam hukum islam. bentuk Jasa yang diberikan bank umum syariah seperti menjual atau membeli surat-surat berharga berdasarkan prinsip jual beli atau hiwalah, melakukan kegiatan dalam valas berdasarkan prinsip sharf, dll-Nya.

Apa tujuan didirikannya bank? Tujuannya yaitu; 
  • Tujuan perbankan syariah ialah 'menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan keadilan, kebersamaan, dan pemerataan kesejahteraan
  • Secara umumnya, tujuan didirikannya bank, yaitu "Menyediakan suatu alat pembayaran yang efesien bagi nasabah, dan Meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif".
2. Lembaga keuangan bukan bank, contohnya; Asuransi, pegadaian, dana pensiun, reksa dana, dan bursa efek.


Selanjutnya kita akan membahas tentang Sistem keuangan. Apakah yang dimaksud 'Sistem keuangan'.

  • Sistem keuangan merupakan tatanan perekonomian suatu negara yang mempunyai tugas utamanya yaitu menyediakan jasa-jasa dalam bidang keuangan oleh lembaga keuangan dan lembaga penunjang lainnya, misalnya pasar uang dan pasar modal.
  • Sistem Keuangan merupakan kumpulan pasar, institusi, peraturan-peraturan, teknik-teknik dimana surat berharga diperdagangkan, tingkat bunga ditentukan, jasa-jasa keuangan dihasilkan dan ditawarkan keseluruh bagian dunia.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Lembaga Keuangan dan Kegiatan yang Dilakukannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid