https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha 


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kiat Sukses Berwirausaha. Bagi anda yang ingin menjadi wirausahawan sukses, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai suatu usaha, antara lainnya yaitu:

  1. Situasi Pasar (Lokasi Bisnis)
    Lokasi merupakan salah satu faktor terpenting dalam hal membuka usaha. Lakukan analisis kebutuhan di suatu tempat atau area. Dengan demekian situasi pasar, dapat ditentukan jenis usaha apa yang ingin dibuka. Ada usaha yang cocok di suatu tempat atau area, tetapi tidak cocok di tempat lainnya. Misalnya; Mahasiswa biasanya membutuhkan tempat fotocopy atau rental komputer, maka untuk membuka usaha ini tempatnya harus mendekati kampus atau indeks mahasiswa.

  2. Modal
    Ini yang paling harus disiapkan. Modal awal dapat berasal dari gaji yang disisihkan atau di dapatkan dari sumber lain. Bagaimana tidak punya modal sama sekali? jika tidak punya dana cash sama sekali, coba jadi broker terlebih dahulu. Misalnya menjadi freelance marketer produk orang lain, dari komisi yang didapatkan dikumpulkan sedikit demi sedikit sehingga tercapai modal yang cukup untuk memulai usaha. Jadi, dalam hal ini diperlukan sikap disiplin menyisihkan penghasilan untuk modal usaha. 

    Bisa juga (jika terpakasa) meminjam ke sanak saudara karena biasanya saudara telah saling mengenal sehingga sudah ada rasa kepercayaan terhadap kita. Dengan demikian, mereka rela meminjam kita modal untuk kita. Usahakan minimal dana yang dimiliki sendiri 50% dari total modal yang dibutuhkan. Alternatif sumber-sumber dana yang lain ialah mengajak teman atau saudara untuk menanamkan modalnya pada usaha yang hendak dirintis. Bisa juga membuat usaha patungan, dengan modal dalam presentase tertentu.

  3. Strategi bisnis dan promosi
    jika modal telah disiapkan dan lokasi telah didapatkan, langkah selanjutnya mulailah pelajari strategi bisnisnya. Dari bagaimana cara memperoleh penjualan yang bagus, cara mengelola usahanya, arus cash, dan lain-lainNya. Dalam membuat strategi ini kita sudah terfikirkan di fikiran kita bagaimana caranya supaya bisnis tersebut dapat berkembang dan maju dengan sebaik-baiknya.
    Dalam membuka usaha, faktor promosi jangan sampai anda lewatkan begitu saja atau jangan sampai dihilangkan pada saat roda bisnis tengah lesu dengan alasan tidak ada dana. Promosi dalam bentuk apapun jangan sampai terhenti dalam jangka waktu yang lama karena bisa-bisa pelanggan lupa akan usaha kita. jika kita promosi secara rutin, orang akan selalu ingat kepada usaha dan prosuk dan jasa kita. Promosi yang terus-menerus akan berdampak pada penjualan.

  4. Keberanian mengambil Resiko
    Menjadi entrepreneurship resikonya sangat besar! Batul, memang berisiko. karena tidak mungkin setiap usaha tidak ada resikonya. Di dalam dunia wirausaha, resiko kerugian sangat terbentang lebar, tetapi semua dapat diatasi dengan kehati-hatian dalam mengambil keputusan, kejelian, inivasi produk, dan kreativitas dalam pemasaran.

  5. Menjalin Jaringan bisnis
    Sangat penting sekali untuk menjalin relasi atau jaringan bisnis seluas-luasnya. ketahuilah setiap rekan bisnis, produk, dan jasa yang mereka sendiri, Siapa tahu dapat bersinergi dengan anda. Rekan sesama pebisnis juga dapat saling memberi saran jika mengalami kesilitan dalam berbisnis.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid