https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Definisi dari Produk Jasa Perbankan Syariah

Definisi dari Produk Jasa Perbankan Syariah


Selain dapat melakukan kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana, bank syariah juga dapat memberikan jasa kepada nasababah, dengan hal ini bank syariah akan mendapat imbalan berupa sewa, atau keuntungan dari jasa bank tersebut.

Jadi, yan dimaksud dengan jasa perbankan ialah pelayanan bank terhadap nasabah dengan tidak menggunakan modal tunai. untuk pelayanan ini bank mendapatkan imbalan fee (keuntungan).

Produk Jasa Perbankan Syariah.

No
Produk
Prinsip Syariah
1
Dana Talangan dan Talangan Haji
Qardh
2
Anjak Piutang
Hiwalah
3
Transfer, Inkaso, kliring
Wakalah
4
Pinjaman sosial
Qardhul Hasan
5
Safe deposit
Wadi’ah amanah, Ijarah (sewa)
6
Penukaran valas (bank notes)
Sharf
7
Gadai (jaminan)
Rahn
8
Pay roll
Ujrah, wakalah
9
Bank garansi
Kafalah

Dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu dari produk jasa perbankan syariah:
  1. Rahn (Gadai), Ialah akad penyerahan barang/ harta (marhun) dari Nasabah (rahin) kepada bank (murtahin) sebagai jaminan sebagian atau seluruh hutang. Gadai pada perbankan syariah ialah berupa gadai emas.
  2. Wakalah, ialah akad pemberian kuasa dari pembeli kuasa (muwakil) kepada penerima kuasa (wakil) untuk melaksanakan suatu tugas (taukil) atas nama pemberi kuasa.
  3. Kafalah, ialah akad pemberian jaminan (makful alaih) yang diberikan suatu pihak kepada pihak lain dimana pemberi jaminan bertanggungjawab atas pembayaran kembali suatu hutang yang menjadi hak penerima jaminan (makful).
    (Pemberian jaminan tersebut berupa surat-surat berharga).
  4. Sharf (Jual beli Valuta Asing), Adalah akad jual beli suatu valuta dengan valuta lainnya, atau akad jual beli mata uang yang tidak sejenis namun harus dilakukan pada waktu yang sama (spot). Seperti Rupiah dengan US Dollar, Rupiah dengan Euro, dll-Nya. Jadi, Bank mengambil keuntungan untuk jasa jual beli tersebut.
  5. Hawalah (Anjak piutang), ialah akad perpindahan piutang nasabah (muhil) kepada bank (mubal'alaih)  dari nasabah lain (muhal).
  6. Qard, ialah akad utang-piutang tanpa ada imbalan. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi dari Produk Jasa Perbankan Syariah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid