https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Defenisi dari Strategi Harga Secara Umum

Defenisi dari Strategi Harga Secara Umum


Harga merupakan suatu hal yang penting dalam pemasaran suatu produk, karena harga merupakan suatu nilai tukar dari produk barang dan atau jasa.

Harga adalah…
  • (Dari segi sempit), Harga merupakan Jumlah uang yg ditagihkan untuk suatu produk atau jasa.
  • (Dari segi luas), Harga merupakan jumlah dari nilai yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa
Tujuan Penentuan Harga:
  1. Berorientasi Laba
  2. Berorientasi Volume
    -Harga ditetapkan sedemikian rupa sehingga bisa mencapai total volume penjualan tertentu
  3. Berorientasi Citra
    -Harga tinggi, harapannya dipandang prestisius..
  4. Stabilitas Harga
    -Penyesuaian harga yang disebabkan oleh industry leader dan diikuti follower-nya (minyak bumi)
  5. Other purposes
    -Menghalangi pesaing, mempertahankan loyalitas pelanggan, meningkatkan penjualan ulang, dll-Nya.
Faktor-Faktor yang harus diperhatikan bila menetapkan harga.
A. Keputusan penetapan harga:
  • Faktor-faktor internal; yang meliputi tentang Tujuan pemasaran, Strategi bauran pemasaran, Biaya, dan Organisasi
  • Faktor-faktor eksternal; meliputi tentang Sifat pasar dan permintaan, Persaingan, dan meliputi tentang faktor-faktor lingkungan yang lain, seperti (ekonomi, pedagang, pemerintah)
B. Pendekatan Umum Dalam Penetapan Harga.
Harga ditetapkan perusahaan akan berada diantara angka yang terlalu rendah untuk menghasilkan laba dan yang terlalu tinggi untuk menimbulkan permintaan.

C. Menanggapi Perubahan Harga :
  • Menanggapi biaya yang lebih tinggi atau permintaan yang berlebih tanpa menaikkan harga, termasuk: Mengurangi jumlah produk daripada menaikkan harga, Mengganti dengan bahan atau unsur yang lebih murah. Mengurangi atau menghilangkan pelayanan produk, seperti pemasangan atau pengiriman gratis.
  • Menanggapi Perubahan Harga Pesaing
    -Mempertahankan harga
    -Mempertahankan harga dan nilai tambah.
    -Menurunkan harga
    -Meningkatkan harga dan memperbaiki mutu
    -Meluncurkan lini petarung berharga murah
Harga seharusnya…
  • Mencapai tujuan keuangan perusahaan (ex: untung)
  • Sesuai dengan kenyataan yang ada dipasar (langgananipun purun mbayar nopo mboten?)
  • Mendukung positioning produk dan konsisten dengan variabel lain dalam 4P
  • Harga dipengaruhi oleh pilihan tipe saluran distribusi, tipe promosi yang digunakan, kualitas produk yang dibuat
Selanjutnya, kita akan membahas tentang strategi mengenai penentuan harga pada suatu produk yang dapat menarik konsumen:
  • pertama; Harga Prestis (Prestige Pricing)
    maksud dari Prestige pricing ialah menetapkan harga yang  tinggi demi membentuk image kualitas produk yang tinggi yang umumnya dugunakan untuk produk shopping dan specialty. Biasanya produk-produk ini di jual di mall, distro, dan tempat lain-lainnya. 
  • kedua; Harga Ganjil (Odd Pricing)
    Yaitu menetapkan harga yang ganjil atau menetapkan harga di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologi, jadi konsumen akan mengira bahwa produk yang akan dibeli lebih murah. misalnya; barang yang dihargai 200.000 diubah menjadi 190.000 dimana konsumen mungkin akan melihat 190.000  jauh lebih murah daripada 200.000.
  • ketiga; Harga Rabat (Multiple-Unit Pricing)Yaitu memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yang cukup banyak. misalnya; konsumen membeli sebungkus mie instan, jika harga sebungkusnya 1.500, kita bisa memberikan potongan harga 500.00/bungkus, jadi konsumen konsumen cukup membayar 1000/ bungkus apabila ia membeli 1 dus isi 40 bungkus indomie.
  • keempat; Harga Lini (Price Lining)
    Yaitu memberikan cakupan harga yang berbeda pada lini produk yang berbeda. misalnya; menonton sebuah pertunjukan atau acara seperti konser, opera, wayang, dll yang menetapkan harga tinggi untuk kelas VIP.
  • kelima;  Pemimpin Harga (Leader Pricing)
    Yaitu menetapkan harga lebih rendah dari pada harga pasar atau harga normal, hal ini bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan (pembeli). 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Defenisi dari Strategi Harga Secara Umum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid