https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Cara-Cara Memulai Usaha Jajanan Gerobak

Cara-Cara Memulai Usaha Jajanan Gerobak


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana langkah-langkah awal untuk membuka usaha jajanan gorebak. Pada saak sekarang ini masih banyak orang yang binguh tuh untuk memulai atau mengawalinya dari mana.

Berikut ini anda dapat mengikuti langkah-langkah awal buka usaha:
  1. pertama; Anda harus menentukan Ide/ Konsep Usaha
    Dalam langkah yang pertama ini anda harus bisa Pikirkan dan tentukan ide usaha jajanan yang menarik, inovatif, dan bila perlu yang belum pernah ada. Alangkah baiknya anda menentukan ide/ konsep usaha yang luar biasa dan menarik karena pembeli sekarang amat selektif dan pintar bila usaha Anda biasa-biasa saja dan ini akan kurang menarik perhatian bagi si pembeli.

    Contoh : Anda ingin membuka usaha bakso, walaupun Anda menjual jenis bakso yang umum, Disini anda harus menentukan ide usaha dalam menentukan jenis menu bakso yang inovatif dan berbeda misalnya bakso kotak. Hal ini bertujuan agar usaha Anda bisa mengundang perhatian pembeli dengan produk yang baru. Anda ngak usah khawatir, Walaupun sekarang bakso standar Yang lebih laris tetapi bakso kotak dapat mengundang orang untuk datang karena penasaran. 

  2. kedua; Menentukan Perencanaan (planning) Usaha
    Perencanaan usaha merupakan merencanakan dan mencatat hal-hal yang diperlukan usaha sesuai dengan konsep diatas. Hal-hal yang penting direncanakan yaitu lokasi/ tempat usaha, segmen yang dituju, menu makanan, kebutuhan bahan baku, kebutuhan fasilitas, kebutuhan peralatan dan perlengkapan, tenaga kerja, strategi pemasaran, perkiraan harga jual, target pendapatan usaha, dan hal-hal lainnya yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Hal ini bertujuan agar usaha anda lebih focus dan kehutuhan usaha benar-benar direncanakan sesuai dengan jenis usaha yang dipilih.

  3. ketiga; Melakukan Survei Hasil Perencanaan Usaha
    Setelah proses perencanaan siap anda lakukan, Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah 'Survei Hasil Perencanaan Usaha' , atau survei berbagai hal penting sebelum membuat keputusan. Dalam tahap ini Anda dapat melakukan survei dengan datang langsung ketempat, mengamati keadaan, dan jangan lupa mencatat hasil survei terutama mengenai kelebihan dan kekurangan objek survei. Hal ini bertujuan agar pemilik usaha bisa membandingkan perlengkapan dan kebutuhan usaha, sehingga mendapatkan sesuai dengan yang diinginkan. 
Contoh: Survei-survei yang harus/ penting anda lakukan, ialah sbb:
  • Survei lokasi
  • Survei prasarana dan fasilitas
  • Survei harga jual pasaran
  • Survei keramaian
  • Alur operasional usaha
  • Survei keamanan dan banjir
  • Survei harga pasaran peralatan usaha
  • Survei harga pasaran tenaga kerja
  • Survei pesaing
  • Survei usaha terlaris
  • Survei segmentasi pembeli
  • Survei alat promosi dan harganya
4. empat; Melakukan Persiapan Usaha
Setelah langkah-langkah diatas sudah terpenuhi atau sudah anda lakukan, dan Anda sudah mempunyai persiapan baik itu dari persiapan mental, fisik dan lainnya maka segera lah lakukan persiapan untuk membuka usaha.

Dibawah ini ada beberapa Langkah-langkah untuk persiapan untuk membuka usaha:
  • Perhitungan kebutuhan modal dengan hasil perencanaan usaha.
    Dengan membuat perencanaan usaha, Anda akan  lebih mudah menghitung  perkiraan jumlah modal usaha yang anda butuhkan. Dalam menentukan atau membuat perkiraan Perhitungan anda bisa menggunakan panduan tabel harga pasaran.
  • Menentukan nama dan merek usaha
    Langkah yang kedua ini anda akan menentukan nama usaha jajanan gerobak Anda, Seperti Bakso Sapi Bombay, Mi Ayam  Doyan atau nama lainnya menarik bagi anda. 
  • Uji coba produk
    Hal Ini sangat penting saat Persiapan menjelang buka usaha. Sebaiknya Anda menguji coba produk jajanan yang anda buat sebelum menjualnya. Untuk menguji produk jajanan, Anda bisa memintak teman atau orang lain untuk mencicipi dagangan anda. Selanjutnya anda meminta pendapat teman anda dengan jujur tentang bagaimana rasanya, dan Kumpulkan pendapat mereka dan ambil suara terbanyak tentang kekurangan jajanan Anda kemudian perbaiki sesuai selera pasar.

  • Menentukan lokasi
    Dalam menentukan lokasi atau memiih lokasi, Sebaiknya anda memiih lokasi yang paling banyak memiliki unggulan seperti tempat yang strategis, biaya sewa murah, lokasi parkir besar, dekat dengan keramaian, dan lain-lainNya.
  • Persiapkan izin usaha
    Dalam membuka usaha apapun, hal yang perlu diperhatikan ialah Anda mesti menggali usaha tentang izin usaha. Hal ini bertujuan agar Anda lebih tenang, aman dan tentram dalam menjalankan usaha jajanan dilingkungan Anda.
  • Membeli peralatan & perlengkapan
    Dalam Membeli peralatan & perlengkapan,  pilihlah peralatan & perlengkapan yang paling cocok untuk usaha Anda dan pakailah peralatan yang sering digunakan oleh usaha yang sama (usaha yang sudah berjalan) karena mereka tentunya lebih berpengalaman, akan tetapi pilihan Anda juga harus disesuaikan dengan kemampuan modal Anda.
  • Mengatur penempatan alat
    Bila semua sudah aman atau sudah dipersiapkan, langkah terakhir yang harus Anda lakukan ialah mengatur penempatan peralatan kebutuhan usaha di gerobak. Contoh Mengatur penempatan alat; seperti mangkok di atas, sendok di laci, dan sebagainya. Perhatikan juga jumlah peralatan yang akan dibawa, Jangan sampai persiapan alat kekurangan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara-Cara Memulai Usaha Jajanan Gerobak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid