Maksud Mineral yang Sesungguhnya dan Kegunaannya

Pengertian Mineral yang Sesungguhnya dan Kegunaannya



Mungkin sudah sering kita mendengarkan bahkan kita sering mengatakan jika tubuh kita juga membutuhkan mineral selain gizi dan vitamin. Selain itu ada pula yang berpendapat bahwa mineral dapat ditemukan dari sayur dan buah-buahan yang dikonsumsi. 

Meski pendapat mereka tidak salah, namun pada saat sekarang ini masih banyak orang yang belum begitu memahami arti sebenarnya dari mineral. Apakah pengertian mineral yang sesungguhnya?
Ada dua macam pengertian mineral yang perlu Anda ketahui.
  • Pertama, pengertian mineral dari kaca mata Geologi.
    Kalai kita lihat dari kaca mata para ahli geologi, mineral dapat diartikan sebagai sebuah benda yang terbentuk secara alami yang di dalamnya terdapat beberapa unsur kimia yang mempunyai bentuk teratur dan biasanya berbentuk kristal.

  • Kedua, pengertian mineral dari kaca mata kesehatan. 
    Kalau kita lihat dari kaca mata kesehatan, mineral dapat diartikan sebagai zat gizi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang manusia dengan jumlah yang cukup kecil. 
Jadi, Sekarang anda bisa mengetahui seperti apa mineral yang Anda miliki pada saat sekarang ini? Apakah cenderung seperti para ahli geologi atau justru cenderung seperti ahli kesehatan?

Dibawah ini ada beberapa macam jeni mineral yang diperlukan oleh tubuh, yakni:
  1. Ultra trace Minerals.
    Yaitu jenis mineral yang ternyata sudah ada di dalam tubuh, Contoh mineral yang masuk dalam kategori Ultra trace mineral ialah; Silikon, Arsenik, Nikel, vanadium, dan boron.

  2. Trace minerals, Mineral ini sangat dibutuhkan oleh manusia karena memiliki kadar yang tinggi yaitu kurang dari 100 mg/hari. Berimu ini ada sembilan macam mineral yang masuk dalam kategori trace minerals, yaitu: zat besi, tembaga, krominum, yodium, selenium, seng, mangan, fluoride, dan molibdenum.

  3. Major minerals, yaitu mineral yang dibutuhkan oleh manusia karena memiliki kadar yang begitu besar yakni lebih dari 100 mg/hari. Contoh mineral yang masuk dalam kategori ini adalah: kalsium, kalium, magnesium, knatrium, dan klorida. 

    Dengan mengkonsumsi beberapa jenis mineral di atas sesuai dengan kadar yang dibutuhkan, maka akan memberikan beberapa manfaat yang baik baik tubuh kita.  
Berikut ini ada beberapa manfaat dari mineral, yaitu:
  • Menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.
  • Mampu menjaga fungsi otak
  • Mencegah/menghindari terjadinya gangguan pada otot, Seseorang yang terlalu sedikit mengkonsumsi mineral maka ia akan sering mengalami lemas otot, atau nyeri otot.
  • Mineral juga berguna untuk membantu proses pembentukan sel-sel darah merah (hemoglobin). Oleh sebab itu, apabila seseorang terkena sakit anemia, maka dianjurkan untuk banyak-baynak makan makanan yang bermineral.
  • Mineral bermanfaat untuk kecantikan kulit, Oleh karena itu agar kulit kita selalu sehat dan terjaga, maka kita disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi buah pepaya karena buah pepaya mengandung vitamin dan mineral yang kompleks.
  • Mineral berfungsi untuk menguatkan antibody dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.
  • Mineral berguna memperlancar metabolisme tubuh, yaitu; Mineral membantu proses peredaran dan penyaluran seluruh zat yang terdapat dalam tubuh seseorang. 
  • Bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur dan membatasi jumlah cairan yang keluar-masuk ke pembuluh darah.
  • Berguna untuk memelihara atau menjaga fungsi otak, Oleh karena itu otak sangat memerlukan banyak asupan nutrisi, Salah satu zat yang dapat menjaga kesehatan otak adalah mineral.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Maksud Mineral yang Sesungguhnya dan Kegunaannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid