Hal yang Membedakan Hukum Tata Negara dengan HAN

Hal yang Membedakan Hukum Tata Negara dengan HAN 


Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang perbedaan antara Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (HAN), terlebih dahulu kita akan membahas apakah yang dimaksud dengan kedua hukum tersebut. Hukum Tata Negara merupaka keseluruhan hukum yang mengatur tentang pembentukan badan-badan kenegaraan dan mengatur kekuasaan baik yang ada di pemerintahan pusat atau pemerintah daerah. Contoh hukum tata negara ialah UUD 1945, Undang-Undang daerah dan peraturan perundangan lainnya.
Sedangkan yang dimaksud Hukum Administrasi Negara adalah, keseluruhan peraturan-peraturan hukum yang mengatur antara bagaimana badan-badan pemerintahan melaksanakan tugas pemerintahannya. 
Berikut ini ada beberapa perbedaan yang terdapat antara hukum tata negara dengan hukum administrasi negara.

Hukum Tata Negara.
  • Hukum Tata Negara merupakan sekumpulan peraturan hukum yang membentuk alat-alat perlengkapan Negara dan aturan-aturan yang memberi wewenang pada alat-alat perlengkapan Negara serat memberikan tugas pekerjaan pemerintah modern antara beberapa alat perlengkapan. 

  • Hukum tata negara membahas tentang hal-hal yang sifatnya fundamental, yaitu tentang dasar-dasar dari Negara dan menyangkut langsung setiap warga Negara. Contohnya Presiden mengangkat Menteri.
  • Merupakan pelajaran tentang hubungan kompetensi, yakni abatan-jabatan yang ada dalam susunan suatu Negara, Siapakah yang mengadakan jabatan itu, dengan cara apa jabatan itu ditempati oleh pejabat,dan sebagainya.
  • Membuat peraturan
Hukum Administrasi Negara:
  1. Sekumpulan peraturan hukum yang mengikat alat-alat perlengkapan yang tinggi dan yang rendah dala rangka alat-alat perlengkapan menggunkan wewenang yang telah ditetapkan oleh hukum administrasi negara.
  2. HAN mengatur hubungan warga Negara dengan pemerintah.
  3. HAN Merupakan pelajaran tentang hubungan istimewa yaitu mempelajari sifat, bentuk dan akibat yang timbul karena perbuatan istimewa yang dikerjakan pejabat dalam menjalankan tugasnya.
Selain 2 perbedaan pokok di atas, berikut ini ada juga beberapa perbedaan antara Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara. 
  • Hukum Tata Negara memfokus aktivitasnya pada sistem ketatanegaraan dan struktur serta pengorganisasian negara, sedangkan Hukum Administrasi Negara fokus pada kegiatan dalam menjalankan pemerintahan.
  • Hukum Tata Negaar cenderung statis, Sedangkan Hukum Administrasi Negara cenderung dinamis.
Contohnya:
  1. Hukum Tata Negara mempelajari tentang daerah otonom, Sedangkan Hukum Administrasi Negara mempelajari tentang kewenangan kepala daerah otonom dalam mengelola daerahnya.
  2. Hukum Tata Negaar mempelajari DPRD, Sedangkan Hukum Administrasi Negara mempelajari bagaimana pelaksanaan sidang DPRD.
Setelah kita mengetahui dari perbedaan kedua hukum diatas, sebaiknya kita mengetahui juga bagaimanakah hubungan antara Hukum tata Negara dengan Hukum Administrasi Negara.
  • Pada dasarnya Hukum Tata Negara (HTN) memiliki hubungan yang sangat Erat dengan Hukum Adminstrasi Negara (HAN). Dimana Hukum Tata Negara memberikan wewenang, jabatan, pada badan pemerintahan/ Adminstrasi, Sedangkan hukum adminstrasi Negara, mengatur wewenang secara organisatoris yang diperoleh dari hukum tata Negara, maka hukum adminsrasi mengaturnya. Oleh sebab itu hukum adminstrasi negara merupakan tindak lanjut dari hukum tata Negara, Maksudnya tugas dan wewenang, jabatan, fungsi, badan adminstrasi dijalankan dan diatur dalam hukum adminstrasi negara.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Hal yang Membedakan Hukum Tata Negara dengan HAN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid