Hal yang Membedakan Hukum Privat dengan Hukum Publik

Hal yang Membedakan Hukum Privat dengan Hukum Publik


Apakah yang dimaksdu dengan Hukum.? Hukum merupakan serangkaian sistem terpenting dalam segi pelaksanaan terhadap rangkaian kekuasaan lembaga. Tujuan berdirinya hukum ialah untuk menghindari dari berbagai macam masalah atau agar terhindar dari berbagai macam risiko kecurangan yang membuat berkurangnya manfaat, baik di bidang politik maupun di bidang perekonomian. 

Berikut ini ada beberapa perbedaan antara Hukum Publik dengan Hukum Privat:
1). Dari segi Pengertiannnya.
Hukum publik membahas tentang peraturan-peraturan hukum yang mengatur tentang kekuasaan dan tugas negara, mengatur hubungan hukum antara anggota masyarakat dengan negara. Yang termasuk dalam kategori hukum publik adalah:
  • Hukum Tata Negara, Yaitu hukum yang mengatur tentang negara, contohnya; struktur kelembagaan, pembentukan lembaga-lembaga negara, wilayah dan warga negara, dan hubungan hukum (hak dan kewajiban) antar lembaga negara.
  • Hukum Pidana, Yaitu hukum yang mengatur tentang pelanggaran dan kejahatan terhadap kepentingan umum.
Sedangkan Hukum Privat membahas tentang peraturan-peraturan hukum yang mengatur tentang hubungan antara seseorang (dalam memenuhi keperluan hidupnya). Yang termasuk dalam kategori hukum privat adalah:
  • Hukum Perdata, Yaitu peraturan-peraturan (hukum) yang mengatur hubungan hukum antara orang yang satu dengan orang lain dengan mementingkan kepada kepentingan perseorangan.

  • Hukum Dagang, Yaitu Peraturan yang mengatur hukum yang terkait dengan perdagangan.
2). Dari segi masalahnya (Materi yang dikaji)
Hukum Publik, Fokus pada masalah kemaslahatan, sedangkan Hukum Privat Cenderung ke masalah hubungan pribadi.
3). Dari segi Tuntutan bagi pelanggar hukum tersebut.
Hukum Publik, Tuntutan bagi pelanggar hukum diberikan oleh jaksa, Sedangkan Hukum Privat Tuntutan bagi yang melangar hukum diberikan oleh pihak penggugat.
4). Dari segi Pertahanan hukum.
Hukum Publik, Dipertahankan oleh negara dan pemerintah yang bersifat aktif, Sedangkan Hukum Privat dipertahankan oleh seseorang (individu) dan pemerintah bersifat pasif.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Hal yang Membedakan Hukum Privat dengan Hukum Publik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid