Hal Penting diperhatikan Sebelum Merintis Usaha Baru

Hal Penting diperhatikan Sebelum Merintis Usaha Baru


Sebelum kita membahas tentang merintis usaha baru, alangkah baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan bisnis.? Bisnis adalah Suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan mengahsilkan barang dan jasa, maka akan mendapatkan keuntunagan (laba) dari hasil usahanya tersebut.

Perlu kita ketahui bersama, untuk masuk ke dunia usaha bisnis, seseorang harus memiliki jiwa sebagai seorang wirausaha. Yang dikatakan dengan wirausaha ialah orang yang mengorganisasi, mengelola dan memiliki keberanian untuk membuka sebuah usaha, dan yang paling penting untuk memulai (membuka usaha bisnis) adalah keberanian mengahadapi resiko. 


Sebelum memulia bisnis, dibawah ini ada beberapa proses yang harus dijalani untuk merintis usaha baru, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, Ide.
    Pengembangan sebuah ide dalam melihat peluang usaha dapat bersumber dari pengalaman pribadi, minat, pencarian ide dengan dasar pertimbbangan, dan bersumber kepada yang lain-lainnya.

    Pada saat sekarang ini, banyak kalangan yang mencari ide baru dengan cara melakukan beberapa usaha, seperti dengan cara magang pada tempat lain, membaca berita baik yang bersumber dari sosial media maupun bersumber pada yang lain. Untuk dapat mengembangkan fikiran secara serius, kita harus mengenai ide membuka sebuah usaha baru.

  • Kedua, Modal.
    Modal yang dimaksud bukan saja modal yang berupa uang, tetapi modal yang berupa barang, orang (tenaga kerja), skill dan juga modal fasilitas.

  • Ketiga, Barang dan jasa.
    Untuk menentukan barang dan jasa yang akan dijadikan sebagai obyek bisnis tentunya harus barang yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen dan laku dipasaran.

  • Keempat, Pasar.
    Selanjutnya, untuk mengamati peluang pasar sebelum menciptakan barang dan jasa (barang dan jasa apa yang sedang banyak diminati oleh konsumen pada saat itu).

  • Kelima, Profit.
    Bila empat kategoti diatas sudah bisa terpenuhi, maka langkah selanjutnya ialah memproduksi barang dan jasa yang telah ditetapkan oleh sebagai obyek bisnis, memasarkannnya, dan yang paling penting ialah profit keuntungannya, yaitu segera mendapatkan keuntungan dari penjualan barang dan jasa yang ditawarkan tersebut.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Hal Penting diperhatikan Sebelum Merintis Usaha Baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid