Definisi Perbedaan Penting Antara Bunga dan Bagi Hasil

Definisi Perbedaan Penting Antara Bunga dan Bagi Hasil


Setidaknya, ada tujuh perbedaan penting antara bunga dan bagu hasil. Tujuh perbedaan ini sudah terlalu cukup bagi kita untuk memahani dan mempelajari konsep bagi hasil dan bedanya dengan bunga, yaitu sebagai berikut:

1. Bunga ditentukan atau ditetapkan di awal transaksi, tanpa berpedoman pada untung-rugi, sehingga besarnya bunga yang harus dibayar sudah diketahui oleh kedua belah pihak sejak awal .
  • Contohnya: Pak Budi meminjam uang di sebuah bank konvensioanl sebesar Rp-20.000.000, dengan jangka waktu pelunasan selama 2 tahun. Besar bunga yang harus dibayar oleh Pak Budi, ditetapkan bank secara pasti, misalnya 30% setahun. Dengan demikian Pak Budi harus membayar Rp-250.000 per bulan, selain pokok pinjaman.

    Dapatnya Rp-250.000 adalah hasil dari bunga 30% setahun.20.000.000 / 24 (2 tahun) = 833.33 833.33 X 30% = 250.000.
Sedangkan pada sistem bagi hasil, pengambilan bagi hasil didasarkan kepada untung-rugi di dalam usaha dengan pola nisbah bagi hasil. Jadi, jumlah bagi hasil tergantung bagaimana kinerjanya. dan keuntungannya bukan ditentukan/ ditetapkan jumlah besarnya di awal transaksi.
  • Contohnya: Pak Ali menerima pembiayaan mudharabah sebesar Rp-15.000.000, dengan jangka waktu pelunasan 1 tahun. Jumlah bagi hasil yang harus dibayarkan kepada bank syariah belum bisa diketahui sejak awal. Kedua belah pihak hanya menyepakati porsi bagi hasil, misalkan 75% untuk Pak Ali dan 25% untuk bank syariah.
Pada bulan pertama pak Ali mendapatkan keuntungan bersih, misalnya sebesar Rp2.000.000, maka bagi hasil yang harus disetorkan kepada bank syariah ialah 25% X Rp-2.000.000 = Rp-500.000, Jadi, bahi hasil yang harus dibayarkan oleh Pak Ali kepada Bank syariah adalah Rp-500.000, ditambah pokok pinjaman. Dan bergitu pula dengan sebalikny.

Jadi, bagi hasil yang harus disetorkan ke bank syariah, berdasarkan hasil pendapatn yang didapatkan dari usaha baik itu dalam bentuk keuntungan meningkat maupun keuntungan menurun.
apabila terjadi kerugian maka kedua belah pihak yaitu Pak Ali dengan Si pengelola dana (bank syariah) harus bersama-sama menerima kerugian.

2. Besarnya persentase bunga dan besarnya nilai rupiah, ditentukan sebelumnya berdasarkan jumlah uang yang dipinjamkan.
  • Misalnya : 20% dari hasil pinjaman. Sedangkan dalam bagi hasil, besarnya bgi hasil tidak ditetapkan pada jumlah pinjaman (pembiayaan), tetapi berdasarkan keuntungan yang paralel. Misalnya 25 : 75 (25% keuntungan untuk bank syariah, dan 75% untuk deposan. 
3. Dalam sistem bunga, Apabila terjadi kerugian, maka kerugian tersebut hanya ditanggung oleh si peminjam/ debitur saja, Beda dengan sistem bagi hasil, jika terjadi kerugian, maka kerugian tersebut ditanggung bersama-sama, yaitu ditanggung oleh pemiliki modal dan peminjam. jadi kerugian tersebut tidak hanya dirasakan pada pihak yang debitur saja.

4. Pada sistem bunga, jumlah pembayaran bunga kepada nasabah penabung tidak mengalami peningkatan, karena persentase bunga sudah ditetapkan diawal dan telah ditetapkan secara pasti tanpa didasarkan pada untung dan rugi. Sedangkan dalam sistem bagi hasil, jumlah pembagian laba yang diterima deposan akan meningkat, apabila keuntungan bank meningkat.

5. Pada sistem bunga, besarnya bunga yang haris dibayar debitur, pasti diterima bank, sedangakn dalam sistem bagi hasil, besarnya tidak pasti, tergantung pada keuntungan perusahaan yang dikelola oleh debitur.

6. Sistem bunga telah di larang dalam agama islam, dan bergitu pula dengan agama Yahudi juga ada Penegasan tentang larangan melakukan Riba. Sedangkan pada sistem bagi hasil tidak ada agama yang melarangnya.

7. Pihak bank dalam sistem bunga, memastikan penghasilan debitur di masa yang akan datang dan karena itu ia menetapkan sejak awal jumlah bunga yang harus dibayarlan kepada bank. Sedangkan dalam sistem bagi hasil, tidak ada pemastian tersebut, karena yang bisa memastikan penghasilan di masa depan hanyalah Allah swt. 

Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Perbedaan Penting Antara Bunga dan Bagi Hasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid