Definisi dari Prospek Bank Syariah di Indonesia

Definisi dari Prospek Bank Syariah di Indonesia


Tidak bisa dibantah lagi, bahwa perbankan syariah memiliki potensi dan prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan di Indonesia. Prospek yang baik ini di tandai oleh 4 hal, yaitu sebagai berikut:
  • Jumlah penduduk Indonesia pada saat ini mayoritas beragama islam, hal ini merupakan peluang besar bagi indonesia untuk potensial bagi pengembangan bank syariah.
  • Kemajuan dan Perkembangan lembaga pendidikan tinggi yang mengajarkan ekonomi syariah di Indonesia semakin pesat, baik melalui S1, S2, S3 maupun D3. Kita berharap sekitar empat tahun atau lima tahun kedepan akan lahir sarjana-sarjana ekonomi syariah yang komprehensif, tidak seperti pada saat sekarang, yang masih banyak menolak atau tidak mau menjalankan (menerapakn) sistem ekonomi syariah, hal ini disebabkan karena belum memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ekonomi syariah.

  • Bahwa fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang keharaman bunga bank, bagaimana akan tetap terpengaruh terhadap pertumbuhan perbankan syariah. Menurut data Bank Indonesia (BI), dalam waktu satu bulan pasca fatwa MUI, dana pihak ketiga yang masuk ke perbankan syariah hampir Rp- 1 trilyun. Fatwa ini semakin mendapat semangat dan dukungan dari para sarjana-sarjana ekonomi islam di indonesia.

  • Harapan kita kedepannya, kita berharap kepada pemerintah amat cukup besar untuk berpihak kepada kebenaran, keadilan dan kemakmuran rakyat. Political will pemerintah untuk mendukung perkembangan perbankan syariah di indonesia tinggal menunggu waktu, lama kelamaan mereka akan sadar sendiri dan akan melihat keunggulan bank syariah. Pada saat sekarang ini sejumlah PEMDA (Pemerintah Daerah) telah mendukung dan berkabung membesarkan bank-bank syariah. Harapan kita semuanya, Bank Indonesia (BI) akan benar-benar mendukung bank yang menguntungkan bagi negara (yaitu bank Syariah) dan menyelamatkan negara dari kehancuran dan menyelamatkan dari berbgai problem.
  • Masuknya lembaga-lembaga keuangan internasioanl ke dalam jasa usaha perbankan syariah di indonesia, sesungguhnya hal ini merupakan indikator bahwa usaha perbankan syariah di indonesia memang prospektif dan dipercaya oleh para investor luar negeri. Potensi dana timur tengah sangat besar. Dana-dana yang selam ini di tempatkan di Amerika dan Eropa, pasca 11 September WTC, mulai ditarik oleh investor Arab untuk ditempatkan di Asia.
Dengan menerapkan sistem Perbankan yang berdasarkan prinsip syariah di indonesia, Insya Allah perekonomian di indonesia akan meningkat, rakyar indonesia pun akan sejatera karena terbebas/ terhindar dari Transaksi-Transaksi yang dilarang oleh syariat islam seperti larangan; melakukan riba, tadlis, gharar dll-nya, dan kegiatan perekonomian di indonesia khususnya di bidang perbankan akan diridhoi oleh sang maha kuasa karena sudah menerapkan sistem perekonomian dengan benar.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi dari Prospek Bank Syariah di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid