Hal yang Harus Diterapkan Oleh Seorang Entrepreneur Sejati

Hal yang Harus Diterapkan Oleh Seorang Entrepreneur  Sejati



Sebelum kita masuk kepembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apakah yang dimaksud dengan kewirausahaan? kewirausahaan adalah seseorang yang memiliki ide yang kreatif dan gagasan yang baru untuk membuka usaha ssuatu yang baru.
Dibawah ini ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kewirausahaan, yaitu sebagai berikut: 
  • Manegerial skill (keterampilan manejerial).
    Yaitu, merupakan bekal yang harus dimiliki oleh serang kewirausahaan. Jadi, seorang kewirausahaan harus bisa dan mampu menjalankan fungsi-fungsi dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan. hal ini bertujuan agar usaha yang dijalankannya dapat meraih tujuan (keinginan) yang dicapai.

    Untuk menumbuhkan kemampuan manejerial, yang pertama anda bisa melalui jalur formal, seperti melalui jenjang lembaga pendidikan, sekolah menengah kejuruan bisnis, dan bisa juga melalui pendidikan tinggi. dan yang kedua anda bisa melalui jalur informal. seperti melaui pelatihan, seminar, otodidak serta melalui pengalaman.
  • Conceptual skill.
    Yaitu kemampuan untuk merumuskan tujuan, kebijakan dan strategi. dimana strategi ini merupakan landasan utama menuju seorang wirausaha yang sukses. memang tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan kemammpuan ini, untuk itu kita harus ekstra belajar keras dari berbagai sumber, dan juga kita harus belajar dari pengalaman kita sendiri dan orang lain dalam bidang wirausaha.
  • Human skill.
    Yaitu, kemampuan memahami, berkomunikasi dan berelasi. selain itu kita harus bisa dan mudah bergaul dengan orang-orang yang telah sukses dalam wirausaha, kita harus simpatai, dan empati kepada orang lain. Hal ini merupakan modal keterampilan yang sangat mendukung menuju keberhasilan dalam berusaha.

    Oleh karena itu, upaya yang harus kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan diatas,  ialah, dengan melatih diri, melatih kepribadian kita agar bersikap dan bertingkah laku menenangkan orang lain.
  • Decision making skill.
    Yaitu, kemampuan merumuskan masalah dan mengambil keputusan. sebagai seorang kewirausahaan tentunya kita sering mengahadapi berbagai permasalahan. untuk itu, seorang kewirausahaan dituntut untuk mampu menganalisis situasi dan mampu memecahkan berbgai masalah.

    Hal ini memang tidak mudah bagi seorang kewirausahaan, oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan. wirausaha harus bisa dan mampu mengelola informasi sebagai bahan dasar pengambilan keputusan. keterampilan untuk memutuskan suatu masalah dapat kita pelajari dari berbagai cara, seperti melalui pendidikan informal, yaitu melalui pelatiham, simulasi dan dari berbagai pengalaman-pengalaman yang telah kita jalani.
  • Time manegerial skill.
    Yaitu keterampilan mengatur waktu. menurut pendapat para psikologi bahwa salah satu penyebab atau sumber stres ialah ketidakmampuan seseorang dalam mengatur waktu di dalam pekerjaannya.

    Secara umum ketidakmampuan seseorang di dalam mengelola waktu bisa membuat kerugian bagi dirinya sendiri, dan bisa membuat pekerjaan menjadi menumpuk ujung-ujungnya pekerjaan tidak juga kunjung selesai yang bisa mengakibatkan jiwa seseorang menjadi Gundah dan tidak tenang. Jadi, seorang wirausaha harus bisa memanagement waktu. keterampilan mengelola waktu dengan teratur bisa membuat pelaksanaan pekerjaan kita menjadi lancar dan tidak banyak masalah.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Hal yang Harus Diterapkan Oleh Seorang Entrepreneur  SejatiSejati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid