Definisi Asas Pelindungan Konsumen Dalam Hukum Dagang

Definisi Pelindungan Konsumen Dalam Hukum Dagang


Sebelum kita masuk kepada asas-asas tentang pelindungan konsumen, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apakah yang dimaksud dengan perlindungan konsumen, konsumen, pelaku usaha? dengan tujuan untuk menambah ilmu dan pengetahuan kita mengenau hukum dagang (Hukum Bisnis).
  • Perlindungan konsumen ialah; semua upaya yang menjamin adanya kepastian hukm untuk memberi perlindungan kepada konsumen.
  • Konsumen, ialah setiap orang yang menggunakan atau pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik untuk kepentingan individu, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lainnya.
  • Pelaku usaha, ialah  setiap orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan melakukan aktivitas dalam wilayah hukum Negara RI, baik sendiri maupun secara berkelompok melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi.
Berikut ini ada beberapa asas-asas perlindungan konsumen, yaitu:
  1. Asas keadilan, dimaksudkan agar partisipasi seluruh rakyat dapat diwujudkan secara maksimal.
  2. Asas manfaat, dimaksudkan untuk mengamanatkan bahwa segala upaya dalam melakukan perlindungan konsumen yang mana ia harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan konsumen dan pelaku usaha secara agregat (keseluruhan).
  3. Asas keamanan dan keselamatan konsumen, dimaksudkan untuk memberikan kepastian (jaminan) atas keamanan dan keselamatan kepada konsumen dalam pemakaian, penggunaan, dan pemanfaatn barang atau jasa yang digunakan.
  4. Asas kepastian hukum, dimaksudkan agar pelaku usaha ataupun konsumen bisa menuruti hukum dan mendapatkan keadilan dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen.
Tujuan dari Perlindungan Konsumen, diantaranya ialah:
  • meningkatkan kesadaran, skill (kemampuan) dan kemandirian konsumen untuk menjaga diri.
  • meningkatkan kualitas barang dan jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang atau jasa.
  • menumbuhkan kesadaran pelaku usaha betapa perlunya perlindungan konsumen sehingga akan tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha (berbisnis).
  • mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkannya dari ekses negatif pemakaian barang dan jasa.
  • menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Asas Perlindungan Konsumen Dalam Hukum Dagang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid