Contoh Kasus Hukum Pidana yang Sering Terjadi

Contoh Kasus Hukum Pidana yang Sering Terjadi


Apakah yang dimaksud dengan Hukum Pidana.?
  • Hukum Pidana adalah hukuman (sanksi) yang diberikan oleh hakim kepada orang yang telah melanggar Undang-Undang tentang hukum pidana. 
  • Hukum Pidana adalah merupakan bagian dari keseluruhan hukum yang berlaku di dalam sebuah negara dimana hukum tersebut berdasarkan aturan dasar atau aturan-aturan yang ditentukan oleh sebuah negara. 
Pada dasarnya hukum pidana dibuat berguna:
  1. Untuk kepentingan umum yang didalamnya menyangkut suatu norma yang boleh dan tidak diperbolehkan oleh negara. 
  2. untuk menentukan kapan dan hal apa saja yang membuat seseorang dijatuhi hukuman pidana. 
  3. Untuk menentukan cara hukuman pidana dilaksanakan.
Tanpa adanya hukum pidana di indonesia, ketertiban dan keamanan negara tidak akan tercapai karena baik itu warga negara maupun pemerintahan akan bertindak sesuka hatinya saja tanpa adanya aturan yang mengikat. Dengan berdirinya hukum pidana di negara indonesia, keamanan dan ketertiban di indonesia dapat dijaga dengan baik oleh kita semua, walaupun pada saat sekarang ini masih banyak masalah-masalah yang terjadi yang terkait dengan hukum pidana. Masalah tersebut tidak menjadi halangan untuk mencapai kemajuan negara kita, Itu semua bisa diatasi asalkan kita semua mau bersatu dan berusaha menjahui sikap. perbuatan yang dilarang oleh negara sebagaimana yang telah ditetapkan di dalam Undang-Undang Hukum Pidana. Saya berharap pemerintah bisa menanggulangi dan menjalankan wewenangnya dengan sebaik-baiknya terutama di bidang hukum pidana ini.

Hukum Pidana tidak hanya mengatur pelanggaran dalam kasus hukum saja, tetapi juga mengatur berbagai kasus lainnya seperti pelanggaran norma keagamaan dan kesusilaan, pelanggaran dalam penyalahgunaan narkotika, pelanggaran penggunaan senjata tajam, pelanggaran ketentuan berlalu lintas, pelecehan seksual dan pemerkosaan, pencurian, dan kekerasan dalam rumah tangga.
Dibawah ini ada beberapa kasus mengenai hukum pidana yang terjadi pada saat sekarang ini, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, kasus yang paling banyak terjadi ialah kasus korupsi. 
    Pada saat sekarang, kasus ini sudah menjulang tinggi dan bergitu banyak terjadi di negara indonesia. Bagi pelaku yang melanggar kasus ini akan diberi sanksi atau hukuman sebagaimana yang telah diatur di dalam UU No 20 tahun 2001.

  • Kedua, kasus yang paling banyak terjadi ialah kasus narkotika.
    Narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Pelaku yang melanggar kasus ini akan diberikan sanksi (hukuman) sebagaiman yang telah tercantum dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

  • Ketiga, kasus yang paling banyak terjadi ialah kasus pembunuhan. 
    Bagi pelaku yang melanggar kasus ini, akan dikenakan sanksi (hukuman) tindak pidana pasal 340 yang didalamnya memiliki beberapa unsur yaitu merampas nyawa, sengaja, menghilangkan nyawa lebih dulu dan tindakan terencana dan bisa juga dijerat pasal 351 ayat 3.

  • Keempat, kasus yang paling banyak terjadi ialah kasus pencurian. Bagi para Pelaku yang melanggar akan dikenakan sanksi berdasarkan KUHP pasal 362 mengenai pencurian dan juga pasal 365 KUHP ayat 1 dan2 karena melakukan ancaman kekerasan terhadap penjaga malam.

  • Kelima, kasus yang paling banyak terjadi ialah kasus pelanggaran hukum pidana pajak dan dugaan penyelewengan pajak. Pelaku melanggar pasal 39 UU tentang ketentuan perpajakan atau tidak melaporkan surat pemberitahuan tahunan secara benar.
Banyaknya terjadi kasus pelanggaran hukum pidana di indonesia, menggambarkan bahwa negara indonesia perlunya peningkatan aturan hukum dan perlunya jaminan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat lolos dari hukum jika melakukan pelanggaran. 

Terima kasih telah membaca artikel tentanng Contoh Kasus Hukum Pidana yang Sering Terjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid