Contoh Kasus Hukum Dagang yang Sering Terjadi

Contoh Kasus Hukum Dagang yang Sering Terjadi

Sebelum kita masuk ke Contoh Hukum Dagang yang Terkait Dengan Merk Dagang, terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan hukum dagang?. Hukum Dagang adalah sebuah aturan-aturan hukum yang mengatur hubungan satu pihak dengan pihak yang lain dalam hal perniagaan atau perdagangan.

Contoh kasus hukum dagang yang terkait dengan merk dagang:
  • Pak Ali merupakan seorang pengusaha yang membuat sebuah produk baru, kemudian produknya tersebut menjadi barang dagangannya. pak Ali membuat merk atau Desain logo untuk merek produknya tersebut, ternyata merk atau logo yang dibuat oleh Pak Ali sama dengan desain merk sebuah perusahaan lain yang telah lebih awal ada dan lebih dahulu terdaftar di dalam aturan tentang ketentuan membuat logo/merk barang, dan perbedaannya hanya terdapat pada nama produknya saja. Oleh karena itu, perusahaan yang lebih awal mendaftarkan akan merasa dirugikan karena merk/logo produknya ditiru dari pengusaha lain, tentunya akan dapat menjatuhkan nama baiknya. Bagaimana penyelesaiannya?
Logo atau merek dagang merupakan merek barang (produk) yang dipaka pada barang yang akan diperdagangkan oleh seseorang, kelompok, atau badan hukum. Tujuan dari membuat logo atau merk dagan (produk) ialah untuk memberi perlindungan barang yang diperdagangkan tersebut sebagaimana yang telah tercantum dalam aturan mengenai merk dagang. selain itu juga bertujuan untuk memberikan perbedaaan dengan barang yang lain terutama barang yang sejenis.  
Berikut ini ada beberapa ketentuan mengenai merek yang tidak diperbolehkan untuk digunakan, ketentuan ini sesuai dalam pasal 6 Undang Undang Nomor 15 Tahun 2001, seperti:
  1. Merek orang lain yang sudah terdaftar terlebih dahulu untuk barang dan atau jasa yang sejenis
  2. Merek yang sudah terkenal milik pihak lain untuk barang dan jasa sejenis
  3. Indikasi geografis yang sudah terkenal
Dalam kasus di atas, Pak Ali telah melanggar atuaran mengenai pembuatan merk dagangnya, sebagaimana yang telah dibuat aturan dalam Undang-Undang pak Ali telah membuat logo/merek produknya yang sama dengan logo perusahaan lain.  
Maka dalam kasus ini Pak Ali telah melanggar hak cipta, dan perusahaan yang lain tersebut berhak mendapatkan keadilan atas hak kekayaan intelektual yang dimilikinya. Jadi, Perusahaan tersebut dapat menggugat atau menuntut Pak Ali tentang peniruan logo. Jadi, pak Ali akan mendapat sanksi dari pihak yang menjatuhkan hukuman.

Terima kasih telah membaca artikel tentang  Contoh Kasus Hukum Dagang yang Sering Terjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid