Contoh Hukum Tata Negara yang Ada di Indonesia

Contoh Hukum Tata Negara yang Ada di Indonesia


Pengertian Hukum Tata Negara.
  • Yaitu Hukum yang mengatur tentang organisasi dari pada negara.
  • Hukum tata negara merupakan salah satu dari hukum publik di Indonesia yang mengatur tentang kehidupan bernegara. 
  • Yaitu hukum yang mengatur tentang prinsip-prinsip dan norma-norma hukum yang tertuang secara tertulis dalam kenyataan (praktik kenegaraan).
Dari penjelasan diatas, dapat kita beri kesimpulan bahwa Hukum Tata Negara ialah: sebagai bidang ilmu hukum tersendiri yang membahas tentang struktur ketatanegaraan, hubungan antara kelembagaan negara, dan hubungan antara negara dengan warga negara.

Dalam konnsep ini, Tata Negara berarti sistem pengaturan, penataan dan pengelolaan negara yang berisi ketentuan mengenai struktur kenegaraan dan substansi norma kenegaraan.

Berikut ini ada beberapa Contoh Hukum Tata Negara yang ada di Indonesia.
  1. Undang-Undang Dasar (UUD 1945).
    Dalam Penjelasan umum di dalam UUD 1945 angka (I) dinyatakan bahwa: "Undang-undang Dasar suatu negara merupakan sebagian dari hukum dasar Negara. UUD merupakan hukum dasar yang tertulis, dan hukum tidak tertulis, dan merupakan aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan Negara.
  2. MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), DPR (Dewan perwakilan rakyat, DPD (Dewan perwakilan).
    Ketiga lembaga ini merupakan lembaga negara perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara dan ketiga lembaga ini memiliki kewenangan yang berbeda-beda.
  3. Undang-Undang Pemerintahan Daerah dan lain-lain.
Pada Umumnya Sumber hukum tata negara di seluruh didunia sangatlah berbeda, dan Sumber hukum yang bermacam-macam pengetian, tergantung pada sudat mana kita melihanya. Dengan demikian sebagai gambaran, berikut ini ada Pengertian sumber hukum menurut sudikno mertokusumo, yaitu:
  • Merupakan sebagai asas hukum sebagai suatu yang merupakan permulaan hukum, misalnya kehendak tuhan, akal manusia, jiwa bangs, dan lain-lainnya
  • Sebagai sumber hukum dimana kita dapat mengenal hukum seperti; dokumen, undang-undang, lontar, batu tertulis, dan sebagainya.
  • Merupakan sebagai sumber berlakunya, dimana hukum ini akan memberi kekuatan berlaku secara formal kepada peraturan hukum.
  • Merupakan Sebagai sumber terjadinya hukum atau sumber yang menimbulkan hukum.

Sumber hukum tata negara di indonesia:
  • Hukum tertulis (UU No. 12 tahun 2011 pasal 7).
    yang dikatakan dengan hukum tertulis, yaitu hukum hasil pekerjaan perundang-undangan dari berbagai badan yang berwenang.
  • Hukum adat, yaitu hukum yang tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, dimana hukum ini sudah di akui oleh penguasa.
  • Yuriprudensi, yaitu kumpulan keputusan pengadilan mengenai persoalan ketatanegaraan.
  • Ajaran-Ajaran tentang hukum tata negara.
Berikut ini ada beberapa Asas-Asas tentang Hukum Tata Negara, yaitu:

  1. Pancasila
  2. kedaulatan rakyat dan demokrasi
  3. Pemisahan kekuasaan
  4. Negara hukum
  5. Negara kesatuan

Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Hukum Tata Negara yang Ada di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid