Contoh Sistem Informasi Manajemen dan Fungsinya

Contoh Sistem Informasi Manajemen dan Fungsinya


Sebelum kita masuk kepembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui apakah yang dimaksud dengan "Sistem Informasi Manajemen".? Sistem Informasi Manajemen adalah sistem yang mengolah, mengorganisasikan data dan informasi yang bermanfaat untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi.

Berikut ini ada beberapa Fungsi dari Sistem Informasi Manajemen, yaitu sebagai berikut:
  1. Fungsi utama diterapkannya sistem infomasi manajemen dalam organisasi ialah "Mempermudah pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengarahan, pengawasan, dan pendelegasian kerja kepada semua departement yang mempunyai hubungan atau koordinasi dengannya.
  2. Meningkatkan Produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi.
  3. Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas data yang tersaji dengan akurat dan tepat waktu.
  4. Meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) karena unit sistem kerja yang terkoordinir dan sistematis.
Contoh Sistem Informasi Manajemen:
  • Enterprise Resource Planning.Sistem ini banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan-perusahan besar dalam mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja Keuangan, Accounting, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Operasional, dan Pengelolaan Persediaan.  
  • Transaction Processing System.
    Sistem ini bermanfaat untuk proses data dalam jumlah yang besar dengan transaksi bisnis yang rutin (terus-menerus). Selain itu, Sistem ini biasa diaplikasikan untuk manajemen gaji dan inventaris. 
  • Office Automation System.Sistem ini bermanfaat untuk melancarkan komunikasi antara departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya seperti : e-mail.
  • Supply Chain Management.Sistem ini sangaat bermanfaat sekali bagi pihak manajemen, dimana data-data yang dibuat terintegrasi mengenai manajemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir.
  • Knowledge Work System 
    Sistem informasi ini berguna untuk mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi. Dengan ini, para tenaga ahli diharapkan bisa menerapkannya dalam pekerjaan mereka.
  • Informatic Management System .
    Sistem ini berfungsi untuk mendukung spektrum tugas-tugas dalam organisasi, yang juga dapat digunakan untuk membantu menganalisa pembuatan keputusan. 
  • Decision Support System 
    Sistem ini berguna untuk membantu para manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam perusahaan. Contohnya, Link Elektronik di sekolah Tunas Bangsa, yang mengamati jumlah pendapatan atau pendaftaran siswa baru setiap tahun.
  • Expert System dan Artificial Intelligent
    Sistem ini pada dasarnya menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisa pemecahan masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga ahli yang telah diprogram ke dalamnya. Contohnya, sistem jadwal mekanik.
  • Executive Support System
    Sistem ini membantu manajer dalam berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dengan berpegang pada grafik dan pendukung komunikasi lainnya.
  • Group Decision Support System dan Computer-Support Collaborative Work System
    Sistem ini berguna untuk mencari solusi lewat pengumpulan pengetahuan dalam satu kelompok, bukan per individu. Biasanya berbentuk kuesioner, konsultasi, dan skenario. Contohnya adalah e-government.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Sistem Informasi Manajemen dan Fungsinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid