Contoh Kasus Hukum Perdata yang Sering Terjadi

Contoh Kasus Hukum Perdata yang Sering Terjadi


Sebelum kita membahas tentang contoh kasus Hukum perdata, sebaiknya kita memahami dulu apa yang dimaksud dengan hukum perdata.? Hukum perdata, yaitu ketentuan (hukum) yang mengatur kewajiban, hak-hak, dan kepentingan antar individu dalam masyarakat yang bersifat privat tertutup (privat). Fungsi dari Hukum perdata ialah untuk menangani kasus yang bersifat privat atau pribadi. contohnya  seperti  hukum tentang warisan, hukum tentang perceraian, hukum tentang pencemaran nama baik dan hukum perikatan. 

Tujuan dari Hukum perdata ialah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi diantara kedua belah pihak. Hukum perdata terjadi ketika seseorang mendapatkan suatu kasus yang bersifat tertutup (privat). Kapan kasus Hukum perdata ini terjadi.?Hukum perdata terjadi saat atau ketika seseorang atau suatu pihak melaporkan pihak lain kepada pihak yang berwajib atas sebuah masalah yang hanya menyangkut kedua individu tersebut.

Berikut ini ada beberapa Contoh kasus hukum perdata yang terjadi di sekitar lingkungan kita.
  • Contoh Hukum Perdata tentang Perceraian.
    Pada saat sekarang ini, tentunya kita sudah sering mendengar atau melihat kasus yang satu ini (penceraian) baik berita tersebut kita dapatkan dari sosial media atau didapatkan dari lingkungan di sekitar kita tinggal. Penyebab terjadinya penceraian tersebut ialah dikarenakan banyaknya masalah-masalah yang terjadi di dalam rumah tangga. Dan masalah tersebut tidak bisa diantisipasi oleh kedua suami-istri dan tidak bisa menemukan solusi atau jalan keluar dari masalah-masalah yang dihadapinya. 

    maka sebagai jalan keluar atau keputusan yang diambilnya ialah perceraian, tindakan tersebut sangatlah salah. karena di dalam ajaran agama islam, perceraian merupakan salah satu yang tidak boleh dikerjakan oleh suami-istri karena akan berdampak buruk dan tidak baik bagi anak-anaknya dimasa yang akan datang. contoh kasus ini merupakan salah satu kasus hukum perdata tentang perceraian.  
  • Contoh Kasus Perdata tentang Pencemaran Nama Baik.
    Pada zaman sekarang ini, kebanyakan kasus ini terjadi di dalam sosial media dikarenakan penulis di sosial media pada saat ini banyak membuat berita yang tidak benar dengan kenyataannya. Berita ini akan membuat orang terhina terhadap berita yang di tuliskan di sosial media. Pada masalah (kasus) inilah si korban tidak terima karena ia merasa terhina atau dirugikan, sehingga si korban melaporkan si penulis berita tersebut kepada pihak yang berwenang dengan tuduhan pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan didalam media sosial. masalah atau kasus inilah masuk ke dalam kategori kasus perdata tentang pencemaran nama baik.

  • Contoh Hukum Perdata tentang Warisan.
    Didalam sebuah keluarga memiliki harta benda yang akan diwariskan pada saat ketika ayah atau ibu meninggal dunia. Dimana Ayah merupakan kepala rumah tangga yang kelak akan mewariskan harta bendanya kepada istri dan anak-anaknya. 

    Ketika salah satu dari orangtua sudah meninggal, pada saat pembagian harta warisan dari orang tuanya terjadi masalah atau selisih paham antara anak-anaknya yang menerima warisan tersebut. Dari masalah situlah berujung pelaporan salah satu anak tersebut melaporkan kepada pihak yang berwenang tentang perselisihan tentang warisan. contoh kasus tersebut merupakan salah satu kasus hukum perdata tentang warisan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Kasus Hukum Perdata yang Sering Terjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid