Definisi Profit Sharing Dalam Ilmu Perbankan

Definisi Profit Sharing Dalam Ilmu Perbankan

Pengertin Profit Sharing

Menurut etimologi Indonesia Profit Sharing berarti bagi keuntungan. Sedangkan dalam kamus ekonomi diartikan pembagian laba. Profit secara istilah ialah perbedaan yang timbul ketika total pendapatan (total revenue) suatu perusahaan lebih besar dari biaya total (total cost).


Di dalam istilah lain profit sharing juga berarti perhitungan bagi hasil didasarkan kepada hasil bersih dari total pendapatan setelah dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut. 
Pada perbankan syariah istilah yang sering dipakai adalah profit and loss sharing, dimana hal ini dapat diartikan sebagai pembagian antara untung dan rugi dari pendapatan yang diterima atas hasil usaha yang telah dilakukan.

Sistem profit and loss sharing dalam pelaksanaannya merupakan bentuk dari perjanjian kerjasama antara pemodal (investor) dan pengelola modal (enterpreneur) dalam menjalankan kegiatan usaha ekonomi, dimana di antara keduanya akan dibagi kedua pihaks sesuai nisbah kesepakatan di awal perjanjian. Dan begitu pula bila usaha mengalami kerugian akan ditanggung bersama sesuai porsi masing-masing.

Kerugian bagi pemodal tidak mendapatkan kembali modal investasinya secara utuh ataupun keseluruhan, dan bagi pengelola modal tidak mendapatkan upah atau gaji dari hasil jerih payahnya atas kerja yang telah dilakukannnya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Profit Sharing Dalam Ilmu Perbankan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid