Definisi Revenue Sharing Pada Perbankan

Definisi Revenue Sharing Pada Perbankan 

Pengertian Revenue Sharing


Secara bahasa Revenue Sharing berarti uang masuk, pendapatan, atau income. Sedangkan dalam istilah perbankan Revenue Sharing berarti proses bagi hasil pendapatan yang dilakukan sebelum memperhitungkan biaya-biaya operasional yang ditanggung oleh bank.

Pembagian dana terhadap nasabah atas pendapatan-penapatan yang diperoleh oleh bank tanpa menunggu pengurangan-pengurangan atas pembiayaan-pembiayaan yang dikeluarkan oleh bank dalam pengelolaan dana yang dimanfaatkan oleh nasabah, disatu sisi pelaksanaan Revenue Sharing ini bertentangan dengan prinsip bagi hasil itu sendiri, karena dalam prinsip bagi hasil tentunya investor bertanggung jawab atas dana yang diamanatkannya, artinya ia juga memiliki andil dalam pengelolaan dananya, bahkan jika kerugian dalam usaha maka shohibul maal ikut menanggung kerugiannya.

Dalam revenue sharing, proses distribusi pendapatan ini dilakukan sebelum memperhitungkan biaya operasionalisasinya yang ditanggung oleh bank. Biasanya pendapatan yang didistribusikan hanyalah pendapatan atas investasi dana dan tidak termasuk fee atau jasa-jasa yang diberikan oleh bank.

Dalam mekanisme ini, berarti mengandung unsur peralihan mekanisme bagi hasil dari profit and loss sharing menjadi revenue sharing, perubahan dari penanggunan risiko menjadi tidak menanggung risiko, walaupun di dalam mekanisme ini tidak diketahui berapa besar jumlah keuntungan  yang akan diperoleh, berbeda dengan harga yang telah jelas berapa presentase keuntungan yang akan diperoleh dari besarnya dana yang diinvestasikan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Revenue Sharing Pada Perbankan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid