Contoh Negara yang Berbentuk Serikat

Contoh Negara yang Berbentuk  Serikat

Pengertian Negara Serikat (Federal) Dan Ciri-Ciri Negara Serikat

Negara serikat; adalah suatu Negara yang merupakan Gabungan atau pengelompokan dari beberapa Negara, atau negara yang berdiri sendiri, dan mempunyai kepala atau pimpinan negara sendiri kemudian bergabung dengan negara lain. kemudian dijadikan menjadi Negara serikat.

Selain itu, Negara Serikat juga merupakan negara ber-susunan jamak (banyak), yang terdiri dari atas beberapa negara bagian. Dalam negara serikat terdapat beberapa negara yang disebut negara bagian. Negara-negara bagian itu semula berdiri sendiri, dan kerja sama antara negara kemudian menggabungkan dalam pemerintahan Federal. Ikatan tersebut negara-negara bagian tidak bisa keluar-masuk sehendaknya dari negara federal.

Negara federasi (serikat) mempunyai pouvoir coristituant, dan mempunyai wewenang membentuk Undang-undang pusat oleh negara faderal terperinci dalam konstitusi.

Contoh Negara yang berbentuk serikat; Australia, Swiss, India, Malaysia, USA, Canada, Meksiko, New Zealand, Irlandia, Skotlandia, dan Islandia.
Ciri-Ciri dari Negara serikat:
  • Kepala Negara dipilih oleh rakyat
  • Kepala Negara harus bertanggung jawab kepada rakyatnya
  • Kepala negara memperoleh kedaulatan dari Negara-negara bagian untuk urusan ke luar dan sebagian ke dalam.
  • Kepala Negara memiliki hak veto (pembatalan keputusan) yang diajukan oleh parlemen (senat dan kongres).
  • Tiap-tiap Negara bagian berstatus tidak berdaulat, namun kekuasaan asli tetap ada pada Negara bagian,  dan tiap negara bagian berhak membuat UUD sendiri selama tidak bertentangan dengan pemerintahan pusat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Negara yang Berbentuk  Serikat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid